Exotic Market Berikan Imbal Hasil di Kondisi Bear atau Bull

Anisa Giovanny

10th June, 2022

Kondisi market yang masih sangat volatil dengan sentimen negatif yang menimpa aset kripto membuat para investor merasakan bahwa lingkungan kripto masih sangat berbahaya bagi mereka yang masuk tanpa manajemen risiko yang baik.

Karena itu momen bear market saat ini bisa dijadikan waktu refleksi diri dan strategi investasi agar kondisi mental dan ekonomi para investor bisa lebih siap menghadapi gelombang harga selanjutya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mulai melakukan diversifikasi aset dan alokasi dana dalam portfolio.

Ada ribuan aset kripto di luar sana, sehingga investor bisa memilih proyek yang mereka yakini akan sukses dan memberikan imbalan sepadan.

Bagi trader yang melakukan transaksi harian dan memanfaatkan kondisi market, momen ini juga bisa dijadikan waktu untuk memilih proyek yang menyediakan produk dengan memanfaatkan kondisi pasar.

Proyek yang menyediakan layanan tersebut adalah Exotic di blockchain Solana, yang baru-baru ini meluncurkan Dual Currency Note (DCN) di jaringan Solana.

Singkatnya, produk ini memungkinkan investor untuk memberikan hasil dengan melakukan penjualan aset sebelum harganya benar-benar naik.

Dengan ini investor menerima keuntungan dalam mata uang pilihan mereka, sambil menghindari kebutuhan akan wrapped token atau aset alternatif.

Menurut Joffrey Dalet, Pendiri Exotic Markets dalam DCN, investor akan menerima hasil dalam token yang disetorkan. Dalam hal ini, investor akan menerima hasil mereka di SOL untuk eksposur kinerja SOL/USDC.

Baca juga: Mengenal Exotic Market, Produk Terstruktur di DeFi

Ia berkeyakinan jika SOL akan segera mencapai harga tertinggi barunya dan membuat investor mendapatkan keuntungan. Namun, Exotic tetap memiliki perencanaan matang dalam melalui crypto winter saat ini.

“ Tim kami juga cukup berpengalaman untuk menyaksikan siklus ini sebelumnya. Secara historis, industri blockchain telah berhasil lolos dari krisis yang lebih kuat dari sebelumnya. Solana secara keseluruhan masih menjadi salah satu yang terbaik, “ katanya.

Exotic Berikan Imbal Hasil dengan Menjual Opsi

Exotic juga akan memberikan hasil untuk menghargai pengguna yang sudah menggunakan layanan DCN dengan menyetorkan aset yang mereka miliki.

Menurut Dalet, hasil yang diberikan bersumber dari opsionalitas penjualan dengan menggunakan produk terstruktur untuk menghilangkan lapisan kerumitan dengan mengemas produk menjadi catatan sederhana. Dan hasil ini berkelanjutan karena melibatkan tradeoff seperti membatasi potensi kenaikan.

“ Apabila ada penurunan harga yang lebih lama, Exotic juga tetap mendapatka keuntungan, selama bear market produk terstruktur dapat menawarkan hasil yang ditingkatkan dan berkelanjutan karena melibatkan semacam pengorbanan. Akibatnya, orang menjual opsionalitas dan itu berarti hasil. DeFi telah mengalami penurunan selama 7 bulan dan nilai total terkunci telah datar dibandingkan level Maret 2021. Sementara itu, produk terstruktur, “ katanya.

Meski berpeluang untuk mendapatkan keuntungan di periode pasar apa pun, Dalet mengingatkan bahwa akan selalu ada risiko dalam pergerakan mata uang yang bisa berdampak pada nilai aset dasar. 

Volatilitas memiliki volatilitasnya sendiri dan itu dapat mempengaruhi hasil yang dapat ditawarkan oleh produk terstruktur. Bahkan ada risiko bahwa penjual produk terstruktur gagal memberikan harga yang wajar kepada pembeli.

Karena itu seluruh keputusan investasi apa pun harus dipikirkan dengan cermat dengan manajemen risiko yang baik. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency