Berita Altcoins · 5 min read

ETH dan BTC Anjlok! Setengah Miliar Dollar Dilikuidasi

ETH dan BTC Anjlok

Dalam 24 jam pasar crypto alami penurunan yang cukup menyita perhatian, Bitcoin kini berada di level $27.000 setelah gagal melewati level harga $32.000. Di sisi lain altcoin mengalami penurunan yang lebih mengerikan.

Ethereum bahkan turun ke $1,500 yang merupakan level ATH di 2018. Harga Ethereum saat ini terpantau berada di angka $1.462, yang menjadikan harga terendahnya sejak Januari 2021.

Penurunan Bitcoin dan crypto secara keseluruhan ini diawali saat BTC kehilangan nilainya perlahan dari 32.000 dollar AS, kemudian turun ke 30.000 dollar AS. Harga tersebut sempat bertahan selama beberapa hari.

Harga mulai berubah lagi ketika angka inflasi AS keluar pada Jumat waktu setempat, inflasi AS sentuh level 8,6% yang membawa Bitcoin turun lagi ke $29.000.

Peningkatan inflasi dan ketakutan akan kenaikan suku bunga lebih lanjut menjadi faktor pendorong penurunan ini.

Dalam beberapa jam kemudian, Bitcoin merosot ke $27.200 yang merupakan harga terendahnya dalam sebulan. Akibatnya, kapitalisasi pasar bitcoin turun menjadi $520 miliar. 

Baca juga: Mengenal Bear Market dan Cara Menghadapinya

Ethereum Anjlok,$521 Juta Dilikuidasi 

Sementara bitcoin telah menurun sekitar 5-6% dalam 24 jam terakhir, sebagian besar altcoin turun dua digit. Ethereum turun lebih dari $200 dalam 24 jam terakhir dan lebih dari $500 dalam seminggu.

Turunnya Ethereum ini menyebabkan ribuan trader ETH terkena likuidasi, menurut data dari Coinglass lebih dari $521 juta posisi crypto telah dilenyapkan dalam 24 jam terakhir.

Coinglass mengungkapkan bahwa trader Ethereum telah mendapatkan kerugian besar antara 11-12 Juni senilai 168.000 ETH atau $245 juta.

Sementara itu, BNB telah turun 12%, ADA 15%, XRP 11%, SOL, DOGE, dan DOT 14%. AVAX turun 20% dan TRON turun 7%. 

Secara keseluruhan, Coinglass melaporkan bahwa 180.389 pedagang crypto dilikuidasi hanya dalam 24 jam. Dengan altcoin yang ikut jatuh, total kapitalisasi pasar crypto telah turun sebesar $100 miliar lagi dalam sehari. Metriknya turun $200 miliar dalam beberapa hari dan sekarang di bawah $1,1 triliun.

Analis khawatir bahwa akan ada penurunan lebih lanjut dalam nilai aset ini dengan beberapa mengharapkan BTC untuk menemukan support di sekitar $25rb, tetapi penurunan tajam bisa membuatnya turun menjadi sekitar $17.000.

Baca juga: Analis Venture Founder Prediksi Harga Bitcoin ke $14.000!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.