ETH dan ADA Naik Sebagai Crypto Paling Sering Disebut di Twitter, XRP Pump Selesai

Naufal Muhammad

3rd February, 2021

Ethereum (ETH) dan Cardano (ADA) naik dalam peringkat crypto yang paling sering disebut di Twitter menurut data dari CoinTrendz.

Hasilnya, kedua crypto tersebut berhasil menggeser XRP yang sekarang berada di sekitar peringkat delapan setelah pukul 03.00 WIB hari ini di peringkat kedua.

ETH dan ADA Naik

Publikasi tersebut dilakukan pukul 12.00 WIB yang memperlihatkan bahwa Ethereum dan Cardano telah naik.

Saat ini mereka menjadi peringkat kedua dan ketiga bersama Bitcoin yang masih kuat di peringkat pertama.

Pergerakan ini terjadi bersama Ethereum yang baru menyentuh harga tertinggi barunya mencapai daerah atas $1.500, bersama Bitcoin yang mulai bergerak naik dari konsolidasinya.

Baca juga: Ethereum Raih Harga Tertinggi, Hati-hati Ada Potensi Koreksi

Cardano juga terlihat naik akibat apresiasinya sejak 1 Februari 2021 sekitar 38% dari konsolidasinya beberapa pekan terakhir.

photo 2021 02 03 13 57 09
10 Crypto Paling Sering Disebut di Twitter, Diambil dari CoinTrendz

Akibatnya kedua koin ini telah menggeser XRP dari peringkat kedua bersama dengan apresiasi harganya yang signifikan walau dianggap manipulasi pump and dump.

Peningkatan dalam penyebutannya di Twitter oleh ETH dan ADA membuat XRP tergeser walau pagi ini menduduki peringkat kedua dengan 5.973 cuitan mengenainya.

Hasilnya cuitan-cuitan tersebut membentuk sentimen terhadap mana mata uang crypto yang sedang dibahas dan dituju oleh masyarakat seluruh dunia.

XRP Tergeser, Pump Selesai?

Tergesernya XRP kemungkinan dapat menjadi pertanda bahwa pergerakan pump atau dorongan harga telah selesai.

Beberapa hari yang lalu, XRP naik sekitar 200% sejak akhir Januari 2021 pada 1 Februari 2021 pukul 18.00 WIB. Kemudian XRP jatuh akibat tekanan jual lebih dari 100% 12 Jam berikutnya.

Dikabarkan pergerakan ini terjadi akibat pump and dump dari komunitas yang sedang mendorong harga beberapa crypto, yaitu WallStreetBets (WSB).

Pump and dump adalah sebuah strategi yang dianggap ilegal di pasar saham, dimana beberapa investor atau trader mendorong harga suatu aset naik bersamaan sebelum dijual saat harganya sudah tinggi untuk menekan ke bawah kembali.

Dikabarkan bahwa XRP diperbincangkan akibat hal tersebut dimana terdapat dugaan bahwa dorongan tersebut telah direncanakan oleh sekelompok orang.

Saat ini, dugaan terkuat masih tertuju pada WallStreetBets akibat dianggap bertanggung jawab melalui komunitas cryptonya. SatoshiStreetBets dan WSB Crypto Pump di Reddit dan Telegram diduga adalah nama komunitasnya.

Saat ini, harga XRP sudah mulai berkonsolidasi kembali setelah “dibanting”. Konsolidasi berada di antara $0.36 dan $0.39, dan belum terlihat naik, yang menjadi pertanda bahwa pump selesai.

Baca juga: Dogecoin Naik 90% Bersama Drama Saham GME

WSB nampaknya terlihat sedang beralih ke mata uang crypto lain. Sebab, mereka tidak hanya “memompa” satu koin dimana contoh lainnya adalah koin DOGE yang naik hampir 1.000%.

Kemungkinan besar fokus akan bergeser ke Cardano mengingat kenaikannya dalam penyebutan di Twitter yang menjadi potensi tanda apresiasi.

Sehingga saat ini trader dan investor harap waspada terhadap potensi terjadinya hal yang sama. Jika ingin ikut serta, jangan lupa menggunakan uang yang siap untuk “hilang” akibat risiko yang tinggi.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.