Berita Bitcoin · 7 min read

ETF Spot Bitcoin Telah Kelola 95 Ribu BTC dalam Waktu Enam Hari!

ETF bitcoin

Dalam waktu enam hari sejak resmi diperdagangkan pada 11 Januari 2024 waktu Amerika Serikat, ETF Bitcoin telah mengumpulkan sebanyak 95.000 BTC, dengan total aset yang dikelola (AUM) mendekati US$4 miliar. 

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Raih US$4,5 Miliar Volume Trading di Hari Pertama

Analis ETF Bitcoin dari Bloomberg, Eric Balchunas, menyoroti bahwa kebanyakan ETF biasanya mengalami penurunan volume perdagangan setiap hari setelah peluncuran. Namun, ETF Bitcoin spot terus mencatatkan volume perdagangan yang tinggi, dengan peningkatan 34% pada hari kelima perdagangan.

ETF IBIT dan FBTC Memimpin

Gambar: Total Bitcoin di ETF Spot. Sumber: @Eric Balchunas

ETF Bitcoin BlackRock IBIT dan Fidelity FBTC memimpin dalam pertumbuhan ini. Kedua dana tersebut telah melihat aliran masuk yang substansial lebih dari US$1,2 miliar masing-masing dalam periode singkat ini, dan masing-masing memegang sedikit lebih dari 30.000 Bitcoin. Meskipun FBTC Fidelity memiliki aliran masuk yang sedikit lebih tinggi, IBIT BlackRock memimpin dalam AUM, dengan nilai US$1,4 miliar sedangkan Fidelity sebesar US$1,3 miliar.

Invesco berada di posisi ketiga dengan berhasil menarik arus masuk US$63 juta. VanEck juga mengalami peningkatan arus masuk dan mendorong total aset yang dikelola melampaui US$100 juta.

Di sisi lain, peningkatan arus masuk ke ETF Bitcoin telah melampaui melampaui arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang mengalami penurunan AUM sebesar US$2,8 miliar pada periode yang sama.

GBTC telah mengalami pengurangan saham spot Bitcoin, yang menyebabkan kerugian sebesar US$1,62 miliar dalam empat hari pertama. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran preferensi investor terhadap ETF baru, yang menawarkan kejelasan peraturan dan kemudahan akses.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot BlackRock Bersaing Sengit dengan GBTC

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.