Berita Bitcoin · 6 min read

ETF Bitcoin Spot AS Catatkan Kinerja Terbaik Sejak Maret

Dampak ETF Bitcoin

Pada 4 Juni, ETF Bicoin spot di Amerika Serikat menunjukkan arus masuk signifikan mencapai US$886,6 juta. Produk investasi kripto ini menunjukkan kebangkitan setelah harga Bitcoin (BTC) menguat sebesar 3% menjadi US$71.000 dalam 24 jam terakhir.

Menurut data Farside Investors, Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) mencatat arus masuk dana terbesar sebesar US$378,7 juta, diikuti oleh BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) dengan arus masuk senilai US$274,4 juta.

Total arus masuk dana ke ETF Bitcoin. Sumber: Farside Investors

ETF lainnya yang menunjukkan performa mengesankan adalah ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) dengan arus masuk mencapai US$138,7 juta, sementara ETF lainnya mencatat arus masuk di bawah US$100 juta.

Di sisi lain, ETF Bitcoin dari Invesco Galaxy, Franklin Templeton, WisdomTree, dan Hashdex tidak mencatat adanya permintaan, dengan masing-masing penerbit tidak melaporkan arus masuk untuk periode tersebut.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot AS Laku Lagi, Arus Masuk Capai US$726 Juta

Kinerja Terbaik Sejak Maret 

Peningkatan arus masuk ini menandai “hari terbaik” sejak Maret, dengan mencatat nilai arus masuk gabungan tertinggi kedua sejak peluncuran 11 ETF Bitcoin pada Januari.

Arus masuk bersih tertinggi sebelumnya terjadi pada 12 Maret, dengan nilai mencapai US$1,04 miliar. Sehari setelahnya, Bitcoin mencapai rekor tertinggi (ATH) di harga US$73.679.

“Fidelity tidak main-main, aliran dana besar mengalir deras hari ini untuk The Ten, dengan total hampir mencapai US$1 miliar. Ini merupakan hari terbaik kedua yang pernah ada sejak pertengahan Maret,” ujar analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, dalam postingan X.

ETF Bitcoin secara signifikan telah menarik perhatian para investor institusi yang ingin memiliki eksposur langsung terhadap mata uang kripto terbesar itu. Selain AS, berbagai wilayah juga telah mulai mengadopsi ETF kripto di negaranya.

Pada 4 Juni, Australia mulai memperdagangkan ETF Bitcoin spot pertama di negara tersebut, dengan kepemilikan Bitcoin yang disimpan secara langsung.

Selain itu, Thailand juga baru-baru ini telah meresmikan peluncuran ETF Bitcoin spot, menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara dan kedua di kawasan Asia setelah Hong Kong yang menyediakan produk investasi itu.

Baca juga: Thailand Setujui ETF Bitcoin Spot, Pertama di Kawasan Asia Tenggara

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.