Berita Industri · 6 min read

ETF Bitcoin Spot ARK Investment Berpotensi Disetujui SEC

ETF BITCOIN SPOT

Amandemen terbaru dari proposal ETF Bitcoin spot milik ARK Investment bersama 21Shares yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada 11 Oktober dianggap menjadi pertanda baik bagi persetujuan ETF Bitcoin spot lainnya.

Dalam amandemen itu, kedua perusahaan telah menambahkan  tentang usulan ETF Bitcoin spot, termasuk praktik penyimpanan aset dan menentukan nilai aset. 

ARK Investment Inisiatif Revisi

Pada 29 September, SEC meminta revisi atas proposal dari BlackRock, (iShares), Valkyrie, dan Invesco Galaxy, serta meminta komentar yang lebih luas atas proposal dari BitWise.

ARK Investment sebetulnya tidak diminta pada saat itu, namun menurut analis senior ETF Bloomberg, Eric Balchunas, perbaikan proposal ETF Bitcoin spot ARK Investment merupakan respons langsung terhadap kekhawatiran dan catatan SEC.

“Ini berarti ARK menerima komentar SEC dan telah menangani semuanya, dan sekarang mengembalikan kendali SEC, [menurut pendapat saya] pertanda baik, kemajuan yang solid,” kata Balchunas. 

Balchunas menjelaskan dari perubahan tersebut, pengajuan proposal terbaru dari Ark Investment dan 21Shares menjadi lima halaman lebih panjang. 

Perubahan tersebut termasuk ARK yang mencatat perhitungan nilai aset bersih (NAV) dana tersebut tidak sejalan dengan Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP), standar akuntansi yang digunakan oleh SEC.

Pengajuan baru ini juga mengklarifikasi bahwa aset ETF, yang disimpan oleh Coinbase Custody, berada dalam “akun terpisah dan oleh karena itu tidak dicampur dengan aset perusahaan atau aset pelanggan lainnya.”

Baca juga: Analis Bloomberg Prediksi ETF Bitcoin Spot Bakal Disetujui SEC

Langkah Baik untuk Diikuti Perusahaan Lain

Analis ETF Bloomberg lainnya, James Seyffart, menambahkan perubahan yang dilakukan ARK ini menjadi bukti bahwa perusahaan lain yang terkena revisi ETF Bitcoin spot dapat berkomunikasi dengan SEC tentang apa hal yang perlu dipenuhi dan diperbaiki. 

Sementara itu, general partner dari Van Buren Capital, Scott Johnsson, mengamati revisi yang dilakukan oleh kedua perusahaan itu telah menambahkan bahwa jika BTC semakin banyak digunakan untuk tujuan ilegal dan mining Bitcoin memberikan dampak lingkungan, maka nilai ETF bisa turun.

Johnson pun menilai, berdasarkan amandemen ARK, “ Tampaknya lembaga tersebut tidak melakukan hambatan yang tidak perlu melalui tinjauan pengungkapan.”

Hingga saat ini, SEC belum menyetujui ETF Bitcoin spot. Namun, agensi tersebut menyetujui ETF berjangka Bitcoin pada tahun 2021 dan menyetujui ETF berjangka Ethereum dalam beberapa minggu terakhir.

Prioritas Persetujuan Bitcoin ETF Spot

Dalam perspektif yang berbeda, Nate Geraci, Presiden ETF Store, menyajikan kontemplasi tentang prioritas persetujuan di antara banyak pemohon ETF. 

Menurutnya ada kemungkinan ETF Bitcoin Spot ARK Investment menjadi yang pertama disetujui jika berasumsi dengan pengajuan formulir 19b-4 Grayscale ke SEC untuk mengonversi Grayscale Ethereum Trust (OTCQX: ETHE) ke Ethereum ETF.

Meski berpeluang, namun tetap ada kemungkinan SEC bisa saja menyetujui seluruh aplikasi ETF Bitcoin spot secara bersamaan untuk menghindari dominasi dari entitas tertentu.

Persetujuan secara bersamaan dapat menumbuhkan lingkungan kompetitif di antara berbagai ETF dari Ark Investment / 21 Shares, BlackRock, Fidelity, Invesco, dan Bitwise.

Baca juga: Analisis Harga Bitcoin Usai SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.