Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Analisis · 6 min read

Analisis Harga Bitcoin Usai SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot

Harga Bitcoin

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat menunda keputusan terkait ETF Bitcoin spot. Usai SEC mengumumkan penundaan, harga Bitcoin (BTC) turun ke level US$26.000, sebelumnya harga BTC sempat naik ke US$27.000.

Pergerakan Harga Bitcoin

Harga Bitcoin (BTC) tercatat mengalami penurunan hampir 5% dalam 24 jam terakhir. Penurunan ini terjadi setelah SEC mengumumkan penundaan keputusan ETF Bitcoin spot.

Menurut data Coinmarketcap Jumat (1/9) siang, harga BTC saat ini diperdagangkan sebesar US$26.042 mencatat penurunan sebesar -12,1% dalam satu bulan terakhir.

Sejak Senin (17/7), nilai BTC mulai turun di bawah level US$30.000. Harga BTC terjebak dalam kisaran antara US$25.900 hingga US$28.000 dalam dua bulan terakhir.

BTC tampaknya sedang berusaha mempertahankan level US$26.000 sebagai level support pertama usai mengalami penurunan sebesar 7,5% dari harga US$28.121. Level harga ini juga terjadi bertepatan dengan kemenangan Grayscale melawan SEC.

Pergerakan Harga Bitcoin (BTC).
Sumber: TradingView
Gambar pergerakan harga Bitcoin (BTC).
Sumber: TradingView

Dalam indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik harga BTC dengan kerangka waktu 4 jam, tampak bahwa RSI belum menunjukkan sinyal oversold, yang mengindikasikan masih ada potensi penurunan lebih lanjut bagi BTC.

Apabila level US$26.000 tidak berhasil dijaga, maka ada kemungkinan BTC akan mencapai titik support kedua di kisaran area US$24.000 – US$25.000.

Baca juga: Analisis Bitcoin: UTXO dan MVRV Tunjukkan Potensi Black Swan

Penundaan Keputusan ETF Bitcoin

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat menunda keputusan terkait pengajuan ETF Bitcoin spot dari keenam perusahaan, di antaranya adalah BlackRock, Fidelity, Invesco/Galaxy, VanEck, WisdomTree, dan Bitwise.

Baca Juga: 6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

SEC memutuskan untuk menunda pengambilan keputusan hingga bulan Oktober. Dengan kata lain, SEC memiliki waktu tambahan sekitar 45 hari untuk meninjau pengajuan ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh keenam perusahaan tersebut.

Batas waktu baru untuk keputusan ETF Bitcoin spot dari Wise Origin, Galaxy, dan WisdomTree pada tanggal 17 Oktober. Kemudian, keputusan ETF Bitcoin spot untuk Valkyrie memiliki waktu tambahan dua hari setelahnya, yaitu 19 Oktober. Sementara itu, Bitwise diminta untuk menyelesaikan pengajuan ETF Bitcoin spot pada tanggal 16 Oktober.

Keputusan ini diambil setelah pengadilan banding federal menyatakan bahwa SEC keliru telah menolak pengajuan ETF Bitcoin spot oleh Grayscale Investments pada Selasa (29/8).

Pengadilan banding memerintahkan SEC untuk mengkaji ulang proposal dari Grayscale untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin spot.

Baca Juga: Analis Bloomberg Prediksi ETF Bitcoin Spot Bakal Disetujui SEC

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.