Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 7 min read

ETF Bitcoin Hong Kong Tak Sanggup Redam Tekanan Jual ETF AS

etf bitcoin hong kong

Di tengah pasang surut pasar mata uang kripto, kemunculan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin sering dianggap sebagai tonggak sejarah dalam memperluas aksesibilitas aset digital bagi investor institusi dan ritel.

Namun, perkembangan terkini telah menjelaskan perbedaan jalur yang diambil oleh ETF Bitcoin di berbagai wilayah, terutama menyoroti perbedaan nasib antara ETF Bitcoin Hong Kong yang baru diluncurkan dan ETF Bitcoin Amerika Serikat.

Dalam analisis pasar Bitcoin baru-baru ini, terlihat jelas bahwa arus masuk dari ETF Bitcoin spot Hong Kong yang baru diluncurkan tidak cukup untuk mengimbangi arus keluar signifikan yang disaksikan oleh 11 ETF Bitcoin Amerika Serikat.

Menurut data yang dibagikan oleh James Butterfill, kepala penelitian di CoinShares, ETF Hong Kong melihat arus masuk bersih sebesar US$217 juta selama minggu peluncurannya. Sementara itu, Dune melaporkan bahwa 11 ETF Bitcoin spot AS mencatat arus keluar bersih sebesar US$298 juta pada periode yang sama, menurut data dari Dune Analytics.

Gambar: Arus masuk kripto di Hong Kong. Sumber: Bloomberg.

Perbedaan yang mencolok ini menggarisbawahi perbedaan sentimen investor antara kedua wilayah tersebut, dengan pasar AS mengalami disinvestasi yang signifikan sementara antusiasme Hong Kong terhadap ETF Bitcoin masih relatif lemah.

Kinerja ETF Hong Kong yang lesu semakin diperparah oleh aktivitas perdagangan yang buruk pada hari-hari awal peluncurannya. Terlepas dari antisipasi seputar debut mereka, volume perdagangan untuk ETF yang berbasis di Hong Kong hanya berjumlah US$12,4 juta pada hari pertama, sangat kontras dengan volume perdagangan bernilai hari pertama ETF Bitcoin spot AS, senilai US$4,6 miliar.

Namun, ini adalah angka yang tinggi mengingat besarnya pasar Hong Kong, setara dengan volume perdagangan senilai US$1,6 miliar di Amerika Serikat, menurut postingan 30 X April dari analis senior Bloomberg ETF Eric Balchunas.

“Anda harus memahami [bahwa Hong Kong] berukuran 1/168 dari AS,” tulis Balchunas.

Baca juga: ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Hong Kong Diprediksi Lampaui Volume ETF di AS

Harga Bitcoin Di Bawah Ambang Batas Psikologis

Respon lemah terhadap ETF Hong Kong ini juga terjadi pada harga Bitcoin mengalami koreksi pasar yang signifikan dengan jatuh ke level US$57.000, yang berada di bawah bawah ambang batas psikologis US$60.000 tak lama setelah peluncuran ETF.

Penurunan ini menimbulkan kekhawatiran mengenai prospek jangka pendek Bitcoin, dengan munculnya spekulasi tentang kemungkinan meninjau kembali angka US$50.000.

Baca juga: Harga Bitcoin Sempat Turun Di Bawah US$57 Ribu, Suku Bunga AS Tetap

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.