Berita Regulasi · 7 min read

El Salvador akan Bagikan Airdrop Bitcoin untuk Warganya

El Salvador Bagikan Airdrop Bitcoin ke Warganya

Presiden El Salvador telah mengumumkan bahwa pemerintah akan mengirimkan airdrop Bitcoin (BTC) senilai $30 setara Rp432.000 ke setiap warga negara dewasa di negara tersebut.

Dilansir dari Cointelegraph, pengumuman tersebut disambut baik oleh para Bitcoiners. Para influencer berspekulasi bahwa pemerintah El Salvador artinya perlu membeli BTC yang diperlukan untuk suksesnya airdrop Bitcoin dengan menambahkan lebih dari $100 juta dalam tekanan beli di pasar.

Perkiraan cepat di Google tentang populasi orang dewasa El Salvador yang bisa menerima airdrop Bitcoin bervariasi. Analis onchain Willy Woo mentweet bahwa basis pengguna global Bitcoin akan tumbuh sebesar 2,5% berkat masuknya 4,5 juta orang Salvador.

Kemudian yang lain menempatkan populasi orang dewasa Salvador setinggi 6,5 juta (yang sebenarnya merupakan total populasi), dengan Yahoo Finance Zack Guzman menggunakan angka untuk beberapa perhitungan kasar yang menunjukkan bahwa Bitcoin senilai $ 195 juta akan diterbangkan ke seluruh negeri. .

Angka pasti sulit ditemukan tetapi Statista menunjukkan bahwa pada tahun 2019 penduduk berusia 15 tahun ke atas berjumlah  4,72 juta. Namun, euforia crypto Twitter mungkin sedikit kurang valid, karena publikasi lokal Prensa Latina mencatat bahwa warga El Salvador hanya akan menerima Bitcoin gratis setelah mengunduh aplikasi dompet cryptocurrency yang dikeluarkan pemerintah.

“Aplikasi dompet bahkan akan berfungsi di mana saja dengan koneksi seluler, dan Anda tidak perlu memiliki paket seluler untuk aplikasi tersebut, “ kata Presiden Bukele dalam konferensi pers 25 Juni,

Presiden Bukele juga menyatakan bahwa undang-undang Bitcoin negara yang sangat terkenal yang mengakui BTC sebagai mata uang legal secara nasional akan mulai berlaku pada 7 September.

Tak Gentar Meski Ditekan Bank Dunia

Hukum Bitcoin El Salvador disahkan kira-kira dua minggu lalu. Sementara langkah itu dipuji oleh komunitas crypto global, undang-undang tersebut menghadapi tentangan dari partai politik minoritas dan Bank Dunia. Namun El Salvador tak gentar untuk merealisasikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negaranya.

Bagi komunitas hal ini tentu bisa jadi kabar baik untuk menunjukan jika adopsi Bitcoin semakin luas dan mulai diterima di kalangan atas terutama pemerintah. Khususnya dengan menggunakan El Slavador sebagai contoh. Jika langkah ini sukses bukan tidak mungkin akan semakin banyak negara yang lebih ramah terhadap Bitcoin.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.