Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Bisnis · 5 min read

Startup Akuakultur Indonesia, eFishery Dirikan Koperasi Berbasis Blockchain

eFishery

Perusahaan akuakultur asal Indonesia, eFishery, akan mendirikan koperasi digital berbasis blockchain, bernama Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya. Koperasi ini akan menjadi koperasi multipihak pertama di Indonesia untuk sektor ekonomi. 

Hal tersebut diumumkan langsung oleh pendiri dan CEO eFishery, Gibran Huzaifah, pada acara perayaan ulang tahun perusahaan ke-10 di Bandung, Rabu, (11/11/23).

Mengutip dari Tempo, Gibran, menjelaskan bahwa penggunaan teknologi blockchain di koperasi akan membuat seluruh data bisa terhubung langsung dengan global buyer yang pada akhirnya bisa meningkatkan insentif dan value bagi semua pihak yang terlibat.

“Koperasi digital ini menggabungkan seluruh komponen yang dibangung e-fishery, para pembudidaya, agen pakar, buyer, supplier, itu bisa bergabung di koperasi dan transaksinya bisa terwujud di koperasi ini,” katanya. 

Baca juga: Visa Gunakan USDC dan Blockchain Solana untuk Transaksi Lebih Cepat

Ekspansi Bisnis ke India

Sementara itu, eFishery akan melakukan ekspansi komersial ke India pada kuartal pertama 2024. India dipilih karena dianggap memiliki kesamaan dengan Indonesia.

Di India akan dilakukan proyek percontohan selama satu tahun. Selanjutnya, jika uji coba itu berhasil, eFishery berencana melakukan ekspansi ke berbagai negara lain seperti, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia. 

Didirikan pada tahun 2013, eFishery saat ini memiliki 200.000 petani ikan di 280 kota di Indonesia. Perusahaan ini juga telah memfasilitasi transaksi penjualan udang dan ikan hingga Rp8 triliun dalam satu dekade usianya. Pada bulan Juli, perusahaan mengumpulkan pendanaan sebesar US$200 juta dengan valuasi US$1,3 miliar.

Baca juga: Blockchainspace akan Bawa Inovasi Web3 Ekonomi Kreator ke Indonesia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.