Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Liputan Internasional · 7 min read

Blockchainspace akan Bawa Inovasi Web3 Ekonomi Kreator ke Indonesia

Peter Ing Blockchainspace

Sektor Web3 gaming dan NFT menghadapi bear market untuk pertama kalinya setelah booming pada tahun 2021.

Harga-harga aset kripto berkaitan dengan gaming dan NFT mengalami penurunan yang signifikan. Akan tetapi, pergerakan harga tidak sepenuhnya merefleksikan perkembangan industri Web3 gaming dan NFT. 

Beberapa perusahaan yang bergerak pada sektor ini tetap dapat berkembang sembari mempersiapkan untuk bullrun berikutnya. Sebagai contoh, Blockchainspace, sebuah perusahaan Web3 yang didukung Animoca Brands dan Spartan Groups berhasil mengembangkan konsep “ekonomi kreator” dengan program Yey Technologies dan Creator Circle di Filipina.

Coinvestasi melakukan wawancara eksklusif dengan pendiri Blockchainspace, Peter Ing, pada 25 Agustus 2023. Ing membahas langkah Blockchainspace dalam memperluas kehadirannya di Indonesia dalam mengembangkan sektor Web3 dan memperkenalkan ekonomi kreator.

Baca juga: Menilik Potensi dan Dominasi Asia di Kancah Industri Kripto Dunia

Memperluas Jangkauan: Indonesia Sebagai Target Pasar

Peter Ing
Foto Peter Ing saat melakukan interview bersama Coinvestasi di Coinfest Asia.

Ekonomi kreator yakni ekonomi yang didorong oleh kreativitas kreator konten digital telah berkembang pesat di Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia.

Faktanya, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara terdepan dengan komunitas kreator konten yang berkembang pesat di platform seperti TikTok, YouTube, dan Instagram.

“Ekonomi kreator terus berkembang di seluruh Asia Tenggara, dan Indonesia menjadi pasar yang menonjol. Pertumbuhan kreator konten dan dampaknya di platform media sosial sungguh luar biasa, ” katanya.

Ing menekankan bahwa, “Blockchainspace telah memperhatikan ekosistem yang dinamis ini dan melihat Indonesia sebagai target strategis untuk rencana perluasannya.”

Namun, masuk ke pasar Indonesia membawa sejumlah tantangan unik, terutama terkait dengan perbedaan bahasa dan budaya. “Blockchain Space telah mencapai pencapaian yang signifikan di Filipina, namun Indonesia memerlukan pendekatan yang lebih unik. Bahasa Inggris tetap penting, namun komunikasi efektif dalam Bahasa Indonesia menjadi hal yang sama penting,” kata Ing.

Blockchainspace Ingin Menggerakkan Kreator dan Memimpin Transformasi Web3 di Indonesia

Rencana kehadiran Blockchainspace di Indonesia tidak hanya tentang ekspansi, tetapi juga tentang memacu perubahan dalam program loyalti dan rewards melalui teknologi Web3. Blockchainspace ingin memberdayakan kreator konten lokal sambil menjadi pelopor dalam implementasi ekonomi kreator melalui Web3.

“Ketika Blockchain Space memperluas jangkauannya di Indonesia, kami berupaya memberdayakan kreator konten lokal sambil menjadi pelopor dalam teknologi inovatif Web3,” ungkap Peter Ing.

Ing melanjutkan, “Program Creator Circle, yang awalnya diluncurkan di Filipina, bertujuan memberdayakan kreator konten dengan alat dan strategi untuk berinteraksi dengan penggemar. Bagi kreator konten Indonesia yang ingin menjelajahi peluang baru dan meningkatkan keterlibatannya dengan penggemar, inisiatif ini menawarkan peluang yang sangat menarik.”

Prestasi Blockchain Space tahun ini patut untuk diperhatikan. Blockchain Space telah meluncurkan Yey Technologies, perkembangan penting dalam pengembangan ekonomi kreator. Yey Technologies  berkolaborasi dengan Smart Telecom, penyedia telekomunikasi terbesar di Filipina.

Sebagai bukti komitmen mereka terhadap ekonomi kreator, Creator Circle milik Blockchain Space telah berhasil menerima lebih dari 200 kreator di Filipina.

Langkah yang akan Ditempuh dalam Rencana Ekspansi ke Indonesia

Blockchain Space sedang aktif mencari mitra distribusi di Indonesia, mengambil inspirasi dari kemitraan sukses dengan Smart Telecom di Filipina.

“Kemitraan-kemitraan ini penting dalam mendistribusikan program loyalitas dan imbalan Web3 kepada audiens yang lebih luas. Selain itu, kami juga sedang menjajaki kemitraan lebih lanjut di Indonesia, dengan fokus pada meningkatkan kehadiran dan penawaran kami di Indonesia,” kata Peter Ing.


Dalam rangka memperluas jangkauan ke Indonesia, Blockchain Space telah mencapai langkah penting dalam perkembangan ekonomi kreator di Asia Tenggara.

Dengan fokus kuat pada kerja sama, Blockchain Space bertujuan untuk menjadi salah satu pionir dalam revolusi Web3 di Indonesia, dengan tujuan memberdayakan kreator dan memimpin transformasi Web3 di Indonesia, seperti keberhasilannya di Filipina.

Baca juga: Transformasi Web2 ke Web3, Ini Tanggapan dari Top Industri

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.