Duh Gara-gara Bitcoin, Kapitalisasi Crypto Ambruk $50 Miliar

Naufal Muhammad

20th January, 2021

Bitcoin terlihat telah gagal menembus $38.000 dan terus terlihat mengalami koreksi tajam yang diikuti mayoritas altcoins besar. Hasilnya pasar crypto mengalami penurunan kapitalisasi pasar sebesar $50 Miliar bersama dominasi Bitcoin yang turun.

Bitcoin Jatuh Mendorong Crypto

Sejak kemarin, Bitcoin terlihat terjebak berkonsolidasi di daerah sekitar $35.000 dan $37.000. Kemarin, harganya berusaha naik ke $38.000 walau kemudian gagal dan terkoreksi ke bawah $35.000.

Untungnya, setelah koreksi tersebut terjadi, Bitcoin berhasil naik kembali tetapi masih tetap berkonsolidasi di daerah sebelumnya. Apresiasi tersebut terlihat masih belum signifikan akibat dibandingkan dengan kemarin, harganya masih jatuh sekitar 2,6%.

Baca juga: Bitcoin Jatuh 9% Setelah Membentuk ATH Baru, Akibat dari Whale?

Akibat dari koreksi ini, mayoritas mata uang crypto lainnya terlihat mengikuti pergerakan tersebut dengan koreksinya masing-masing. Koreksi ini cukup mengejutkan mengingat beberapa hari yang lalu mayoritas mata uang crypto selain Bitcoin, memperlihatkan apresiasi yang cukup signifikan.

Sebelumnya, mayoritas mata uang crypto telah terlihat mencetak rekor baru dengan mengukir harga tertingginya masing-masing sepanjang masa. Tetapi akibat sentimen dari Bitcoin saat ini, mayoritas pencapaian tersebut terlihat terhapus akibat koreksi.

Mayoritas Altcoins Koreksi

Binanance Coin (BNB) dan Polkadot (DOT) terlihat kehilangan nilai terbanyak dari mata uang crypto lainnya yang berada di peringkat 10 besar dalam kapitalisasi pasar. Kedua mata uang tersebut terlihat jatuh sekitar 7% dimana BNB jatuh ke $42 dan DOT jatuh ke sekitar $16.

Baca juga: Apa itu Altcoins?

Bitcoin Cash (BCH) dan Chainlink (LINK) juga terlihat jatuh sekitar 4% bersama Cardano (ADA) yang jatuh sekitar 2% walau sebelumnya mengalami apresiasi. Ethereum menjadi salah satu mata uang crypto yang mengalami pergerakan mengejutkan kemarin.

Hal ini disebabkan kemarin Ethereum baru saja mencetak harga tertingginya sepanjang masa mengalahkan harga tertingginya pada Tahun 2018. Namun setelah itu Ethereum terlihat jatuh sekitar 6,5% hingga saat ini walau terlihat mulai berkonsolidasi.

Masih Ada Pergerakan Naik

Hedera Hashgraph (HBAR) merupakan salah satu koin yang mengalami apresiasi di tengah gerakan koreksi di pasar crypto. HBAR terlihat naik sekitar 60% dalam sehari dan 120% dalam sepekan menuju $0,1 akibat sentimen dari vaksin yang akan menggunakan blockchainnya.

Enjin Coin juga terlihat naik secara signifikan sekitar 42% ke $0.40 akibat sentimen dari pendaftarannya di Coincheck. NXM juga diabarkan naik sekitar 30% bersama Ren dan Decentraland yang naik sebesar 20% dan 15%.

Baca juga: CEO ShapeShift Prediksi Kapitalisasi Pasar Crypto $2 Triliun

Vechain juga menjadi salah satu koin yang mengalami apresiasi 10% yang membuktikan bahwa masih terdapat koin yang naik walau kapitalisasinya kecil. Secara keseluruhan akibat pergerakan ini pasar crypto kehilangan kapitalisasi pasar sebesar $50 Miliar.

Namun walau terjadi kehilangan tersebut, kapitalisasi pasar crypto masih tetap stabil aman di atas $1 Triliun. Tetapi, apresiasi dari koin yang berkapitalisasi pasar kecil dan sedang telah mengurangi dominasi Bitcoin di pasar crypto menjadi 64,9%, 5,5% lebih kecil dari pekan lalu.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.