Dominick Williams Umumkan Roadmap ICP 2022, Integrasi dengan BTC dan ETH

Rossetti Syarief

31st January, 2022

Internet Computer (ICP) telah merilis roadmap untuk tahun 2022 yang menunjukkan rencana perusahaan untuk meluncurkan integrasi dengan Bitcoin dan Ethereum pada akhir tahun.

Internet Computer sendiri merupakan public blockchain dan protokol yang memungkinkan pengembang untuk menginstal smart contract serta aplikasi terdesentralisasi (DApps) langsung di blockchain. 

Teknologi tersebut diinkubasi dan diluncurkan pada Mei 2021 setelah bertahun-tahun dikembangkan oleh DFINITY, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Zurich.

Sementara itu, pihak DFINITY juga yang mengumumkan langsung rencana integrasi tersebut dilaman Twitter resminya.

Roadmap ICP 2022

Integrasi Bitcoin akan diluncurkan sebagai bagian dari perilisan “Chromium Satoshi” yang direncanakan Dfinity pada Q1 2022. Perencanaan tersebut nantinya akan menambahkan smart contract ke blockchain Bitcoin menggunakan “Chain Key cryptography”.

Anggota komunitas Dfinity bernama Berto Parga Pena menjelaskan bahwa Chain Key cryptography merupakan salah satu terobosan mendasar yang memungkinkan ICP untuk menskalakan ke jutaan node.

“Ini adalah seperangkat protokol kriptografi yang mengatur node yang membentuk ICP dan mesin yang menggerakkannya dan memungkinkan operasinya.“

Sementara Direktur Produk di Dfinity, Diego Prats, menjelaskan pada roadmapnya pada 29 Januari lalu bahwa tugas smart contract akan menyimpan, mengirim, dan menerima Bitcoin, tanpa membutuhkan private key lagi.

Berbeda dengan Bitcoin, integrasi dengan Ethereum sendiri dijadwalkan terpisah pada Q3 2022 dengan merilis “Vanadium Vitalik”. Dan diluar dari itu, pihak Dfinity belum mempublikasikan detail lebih lanjut tentang integrasi.

Canisters Adalah Fitur Jackpotnya


Pada bulan Desember tahun lalu, Dfinity telah mengaktifkan smart contract yang disebut “Canisters” di ekosistemnya untuk menahan saldo token ICP mereka sendiri.

“ICP pada Canisters adalah fitur penting yang membuatnya layak, dan itu mungkin akan menjadi gila setelah integrasi langsung dengan BTC dan ETH dirilis,” ungkap Lead software engineer di Dfinity bernama Kyle Peacock.

Selain Canisters, pada 28 Januari kemarin sejumlah media juga telah melaporkan bahwa Internet Computer telah menyambut pertukaran desentralisasi (DEX) Sonic pertama, dengan setidaknya dua pertukaran lainnya yang sedang dikerjakan.

DEX “InfinitySwap” yang didukung Polychain Capital sepertinya akan memanfaatkan integrasi ekosistem bersama Bitcoin dengan baik.

Menurut Lee, ini akan memungkinkan pengguna untuk mempertaruhkan BTC mereka sebagai penyedia likuiditas.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.