Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 6 min read

Dominasi Bitcoin Capai Level Tertinggi Tiga Tahun, Altcoin Tertekan

bitcoin dominance

Dominasi Bitcoin di pasar mata uang kripto baru-baru ini melonjak ke level tertinggi dalam tiga tahun, mencapai 56,3% dari total kapitalisasi pasar kripto pada 12 April, ketika harga Bitcoin turun dari level US$68.000 menjadi US$65.500. Peningkatan dominasi ini bertepatan dengan peristiwa halving yang akan datang dan tantangan makroekonomi yang tidak menentu.

Namun, peningkatan dominasi Bitcoin ini turut membuat altcoin tertekan. Berdasarkan survei The Block, kinerja satu hari dari 20 mata uang kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar menunjukkan bahwa mereka telah mengalami penurunan harga lebih dari 15%, yang menyebabkan hilangnya pangsa pasar altcoin secara signifikan dibandingkan dengan Bitcoin.

Menurut dasbor data The Block, Bitcoin kini menguasai hampir 53% pasar kripto, terbesar sejak awal April 2021 dan lebih banyak dari gabungan semua mata uang kripto lainnya. Harga Bitcoin saat ini diperdagangkan di level US$65.677 naik 2,32% dalam 24 jam terakhir, (15/4).

Baca juga: Mengenal Bitcoin Dominance Index

Altcoin Seasons Masih Miliki Harapan

Terlepas dari dominasi Bitcoin saat ini, harapan untuk “Altseason” tetap hidup dalam komunitas kripto. Trader kripto, Mikybull Crypto, menyoroti bahwa kapitalisasi pasar altcoin saat ini mengikuti tren tahun-tahun sebelumnya. Jika histori berlaku kembali, maka altcoin berpotensi mengalami lonjakan besar-besaran ditambah jika dominasi Bitcoin mulai menurun.

Di sisi lain, kendati pasar altcoin tengah tertekan, perlu dicatat bahwa beberapa token terpilih di 50 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar sebenarnya telah mengungguli Bitcoin sejak awal tahun. Token tersebut termasuk Dogecoin (DOGE), Stacks (STX), Binance Coin (BNB), Mantle (MNT), Shiba Inu (SHIB), dan Render (RNDR).

Baca juga: Bitcoin Dominance Turun, Pertanda Alt Seasons?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.