Dogecoin Jatuh! Dikaitkan dengan Kecelakaan Nascar

Naufal Muhammad

21st June, 2021

Dogecoin (DOGE) jatuh beberapa hari terakhir dengan angka yang cukup signifikan bahkan melebihi 14% dalam tiga hari.

Banyak pihak yang mengaitkan pergerakan ini terhadap salah satu kejadian yang menyangkut salah satu perlombaan balap mobil bernama Nascar.

Dogecoin Jatuh Dikaitkan dengan Nascar

Keterkaitan ini terjadi setelah salah satu mobil balap bertemakan Dogecoin mengalami kecelakaan walau berhasil menyelesaikan perlombaan tersebut.

Kejadian ini terjadi pada Sabtu 19 Juni 2021 dalam perlombaan National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) Seri Xfinity.

Perlombaan yang terjadi di Nashville, Tennessee, Amerika, telah menjadi sorotan tidak hanya untuk dunia mobil tapi juga untuk dunia crypto.

Hal ini disebabkan salah satu mobil yang “disponsori” oleh Dogceoin  mengalami kecelakaan dengan menabrak pembatas.

Sebelum perlombaan ini terjadi, mayoritas pendukung Dogecoin telah meramaikan media sosial dengan dukungannya terhadap “Dogecar” atau mobil Dogecoin tersebut.

Namun sayangnya akibat kecelakaan tersebut mobil balap itu berakhir pada peringkat terakhir dalam perlombaan.

Penggemar Dogecoin nampaknya menganggap hal tersebut sebagai sebuah kekecewaan walau mereka bersyukur semua pihak berakhir dengan selamat.

Tapi saat kecelakaan ini terjadi, Dogecoin sendiri mengalami penurunan harga hingga lebih dari 14% yang membuatnya kehilangan 64% dari harga tertingginya di awal Mei 2021.

Kabar ini mengingatkan investor terhadap sifat asli dari DOGE itu sendiri yang sangat mudah dipengaruhi oleh sentimen media sosial.

Hal ini disebabkan DOGE sangat bergantung pada komunitasnya untuk menggerakkan harganya, sehingga saat terjadi kabar buruk tersebut, harganya relatif turun.

Pergerakan turun ini nampaknya muncul akibat kekecewaan awal dimana mayoritas penggemar merasa bahwa kemenangan dalam lomba tersebut dapat membuat publikasi DOGE semakin tinggi.

Sebab, jika publikasi DOGE lebih tinggi, maka akan semakin banyak pihak yang membelinya dan secara langsung akan mendorong harganya naik.

Menjadi Pengingat Sifat Asli DOGE

Namun kejadian kecelakaan ini juga dianggap sebagai metafora DOGE oleh para investornya, dimana saat DOGE jatuh pasti akan ada cara untuk pulih.

Hal tersebut terlihat dari mobil balap Dogecar yang setelah mengalami kecelakaan masih bisa melewati garis akhir untuk mendapatkan peringkat terakhir.

Tapi walau dukungan terhadap DOGE belum berkurang pergerakannya masih terlihat cukup volatil dan sangat bergantung pada kabar untuk mendorong harganya naik.

Untuk saat ini DOGE nampaknya dapat bergerak turun lebih dalam dengan berkurangnya sentimen sosial media terhadapnya yang berarti perbincangan DOGE semakin berkurang.

Grafik Harian DOGEUSD

Dari sisi teknikal DOGE saat ini membentuk pola head and shoulders yang dapat membawanya turun jika batas bawah pada $0,25 atau Rp3.615 dilewati.

Tujuan koreksi berikutnya adalah pada $0,137 atau Rp1.981 yang jika ditembus dapat membawa koreksi yang lebih dalam.

Untuk naik, saat ini batas atas yang harus dilewati berada pada $0,33 atau Rp4.772 sebelum dapat bergerak pulih naik lebih tinggi.

Tapi secara keseluruhan DOGE nampaknya masih memiliki sifat yang volatil walau mengalami beberapa adopsi untuk alat pembayaran.

Sehingga jika ingin investasi dalam DOGE, jangan lupa untuk selalu menggunakan uang yang rela untuk rugi, mengingat risikonya cukup besar.

*Disclaimer

Seluruh analisis dalam artikel ini hanya merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.