Berita Altcoins · 8 min read

Dituduh Manipulasi Suplai Token, Harga SUI Anjlok!

SUI ALL TIME LOW

SUI, token asli dari blockchain Sui, mencapai titik terendah sepanjang masa di US$0,367 pada hari Rabu (17/10/2023).

Harga SUI anjlok usai regulator Korea Selatan mengatakan Sui Foundation melakukan manipulasi mengenai jumlah pasokan yang beredar. Angka terendah itu menandai penurunan harga token lebih dari 75% sejak mainnet-nya dirilis pada Mei 2023.

Gambar: Grafik pergerakan harga SUI dalam seminggu terakhir. Sumber: CoinMarketCap.

Dilansir dari kantor berita lokal, Techm.kr, Min Byung-deok, anggota parlemen dari Partai Demokrat, mengatakan, “Harga Sui Coin anjlok, dan alasan utamanya adalah mereka berbohong tentang jumlah yang beredar, tapi mereka tidak mengangkat masalah tersebut.”

Min juga menambahkan, “Harganya (SUI) telah anjlok lebih dari 67% dalam lima bulan sejak listing. Penerbitnya, Sui Foundation, menerima bunga pribadi dengan staking dan menjualnya meningkatkan sirkulasi.”

Selain SUI Foundation, Digital Asset Exchange Alliance (DAXA) sebuah konsorsium yang terdiri dari exchange mata uang kripto utama di Korea Selatan juga menghadapi kritik karena lalai memverifikasi pasokan SUI yang beredar.

Baca juga: Harga SUI Turun Pasca Listing, Peserta Presale Justru Cuan Banyak!

DAXA dianggap tidak melakukan tindakan terhadap SUI, meskipun jelas-jelas melanggar pedoman yang ditetapkan oleh aliansi yang bertanggung jawab mengawasi industri aset kripto di negara tersebut.

Sementara itu, direktur Financial Supervisory Service (FSC), Lee Bok-hyun, mengatakan penyelidikan akan dilakukan untuk menentukan apakah SUI beroperasi sebagai skema penipuan.

Lee Bok-hyun mendesak Digital Asset Exchange Alliance (DAXA) untuk menerapkan langkah-langkah yang memadai untuk membangun kembali kepercayaan konsumen.

Dia menekankan bahwa jika ada manipulasi volume distribusi yang terjadi melalui staking atau pengungkapan yang tidak adil, mereka akan memulai konsultasi dan menegakkan tindakan yang sesuai.

Baca juga: Transaksi Harian Blockchain SUI Anjlok, Ini Penyebabnya!

SUI Foundation Berikan Tanggapan

Tuduhan dari regulator Korea Selatan pun dibantah oleh SUI Foundation di akun X mereka. Dalam keteranganya tersebut, Sui Foundation menyebutkan bahwa pernyataan yang dibuat oleh pihak berwenang “tidak berdasar dan tidak akurat secara material.”

SUI Foundation menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam likuidasi token SUI apa pun, termasuk yang diterima sebagai hadiah staking.

Mereka menekankan bahwa semua transfer token SUI terlihat dan dapat diverifikasi di blockchain sambil menggarisbawahi komunikasi “konsisten dan transparan” mereka dengan komunitas mengenai jadwal pasokan token SUI yang beredar.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.