Berita Regulasi · 7 min read

Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko Pilih Pensiun dan Jadi Dosen

Didid_BAPPEBTI pensiun

Didid Noordiatmoko tidak lagi menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan memilih pensiun dari lembaga tersebut per 31 Oktober 2023. Saat ini Didid memilih untuk menjadi dosen di salah satu universitas di Indonesia. 

Dilansir dari CNBC, saat ditemui awak media pekan lalu, Didid menyebutkan bahwa ia tidak bisa merangkap jabatan struktural ketika menjadi dosen yang merupakan jabatan fungsional, hal ini sejalan dengan aturan ASN.

“Pilihan saya mau jadi dosen karena dosen fungsional. Seorang pegawai ASN harus memilih jabatan fungsional atau struktural tidak boleh merangkap fungsional dan struktural,” ujar Didid di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Bappebti Rilis 501 Aset Kripto Legal di Indonesia

Ia menjelaskan sebagai ASN ia masih bisa menjabat jabatan fungsional hingga usianya 65 tahun sedangkan untuk struktural maksimalnya adalah 60 tahun, usianya sekarang. Ia juga mengatakan sudah resmi dilantik menjadi dosen.

“Jadi pilihannya kalau saya tidak menjadi dosen, saya akan pensiun Desember ini, jadi saya tidak mengundurkan diri tetapi memilih menjadi dosen” katanya. 

Didid Noordiatmoko ditunjuk sebagai PLT Bappebti pada 2022 oleh Menteri Perdagangan saat itu, Muhamad Lutfi. Ia pun resmi menjadi ketua Bappebti pada 2023, di masa kepemimpinannya, Bappebti telah meluncurkan bursa kripto Indonesia. 

Baca juga: Bappebti Resmi Dirikan Bursa Kripto Indonesia!

Bappebti Tunjuk PLT

Foto: Asih Karnengsih (Eksekutif Direktur Asosiasi Blockchain Indonesia), Kasan (PLT Bappebti), dan Lukas (Petinggi CFX) dalam sebuah acara di Jakarta. Dok. Istimewa.

Bappebti telah menunjuk Kasan sebagai pelaksana tugas atau PLT. Ia akan mengemban tugas sementara sebelum Kepala Bappebti baru diresmikan.

Kasan beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke PT Bursa Komoditi Nusantara atau Commodity Future Exchange (CFX) atau yang dikenal sebagai bursa aset kripto Indonesia yang telah diluncurkan pada Juli 2023.

Menurut Kasan, saat ini pergerakan kripto sangat dinamis, di Indonesia pertumbuhan kripto juga dihadapkan dengan bonus demografi. Sehingga hadirnya ekosistem untuk industri kripto yang lengkap, dapat meregulasi pasar kripto sehingga semakin baik.

Sementara itu, saat ini Bappebti sedang dalam masa peralihan pengaturan dan pengawasan aset kripto kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan aturan UUP2SK. Peralihan ini diproyeksi akan rampung kurang lebih 2,5 tahun ke depan.

Baca juga: DPR Sahkan UU P2SK, Kini Kripto Resmi Diawasi OJK!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.