Dianggap Penipu, Bored Ape Yacht Club Dituntut Investor

Naufal Muhammad

26th July, 2022

Yuga Labs dikabarkan menghadapi permasalahan baru dengan adanya kemungkinan tuntutan baru dari investor. 

Pendiri Bored Ape Yacht Club ini kemungkinan akan dituntut oleh investor terkait penerbitan Ape Coin (APE) yang dianggap sebagai penipuan. 

Pendiri Bored Ape Yacht Club Dianggap Penipu 

Yuga Labs, nampaknya akan menjadi perusahaan crypto berikutnya yang akan menghadapi tuntutan dari pihak luar. 

Dikabarkan bahwa ada beberapa individu yang merupakan investor dari NFT Bored Ape Yacht Club dan Ape Coin yang ingin menuntut Yuga Labs. 

Baca juga: Mengenal ApeCoin (APE), Token Proyek NFT Bored Ape Yacht Club

Tuntutan ini dilakukan berdasarkan anggapan adanya penipuan yang dilakukan melalui promosi yang dianggap manipulatif karena Yuga Labs menggunakan beberapa selebriti terkenal di dunia. 

Investor yang ingin menuntut tersebut, menganggap bahwa terjadi manipulasi harga yang berujung pada pihak internal dan selebriti tersebut diuntungkan serta membuat investor rugi. 

Dikabarkan bahwa para investor tersebut mengajukan tuntutan melalui perusahaan hukum bernama Scott+Scott yang nantinya kemungkinan besar akan menjadi pengacara penuntut Yuga Labs. 

Inti dari permasalahan ini adalah investor merasa dirugikan karena harga token dan NFT mengalami penurunan drastis setelah dipromosikan oleh selebriti global. 

“Setelah menjual jutaan Dolar Amerika dalam promosi NFT Yuga Labs meluncurkan ApeCoin untuk terus menarik dan menipu investor” ujar pengacara dari Scott+Scott.

Perlu diketahui bahwa ApeCoin membawa kerugian tinggi karena mengalami kenaikan drastis ke harga $27 saat peluncuran dan dipromosikan oleh selebriti, namun turun ke $6 saat ini.   

Pengacara dari Scott+Scott menyatakan bahwa jika investor mengalami kerugian dari Yuga Labs melalui NFT atau token di antara April 2022 dan Juni 2022, sangat disarankan untuk ikut dalam tuntutan hukum ini. 

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Yuga Labs Terus Berkembang

Di awal tahun 2022, Yuga Labs mendapatkan pendanaan sebesar $450 Juta dalam pendanaan untuk membangun metaverse Bored Ape Yacht Club bernama Otherside. 

Pendanaan ini dipimpin oleh pemimpin dari salah satu perusahaan modal ventura crypto ternama di Silicon Valley yaitu Andreessen Horowitz. 

Pendanaannya membuat valuasi Yuga Labs naik hingga $4 Miliar walau produknya masih hanya NFT dan token. 

Setelah mendapatkan pendanaan tersebut, Yuga Labs mulai membangun metaverse bernama Otherside dan membuat NFT bernama Otherdeeds yang nantinya berperan sebagai tanah virtual di metaverse tersebut. 

Ketenaran Bored Ape Yacht Club hingga saat ini terus meningkat karena banyak promosi dari selebriti terkenal seperti Eminem dan Snoop Dogg. 

Kedua musisi tersebut membuat konser dan video musik dimana karakter Bored Ape Yacht Club yang mereka miliki digunakan dan dipamerkan, meningkatkan ketertarikan lebih lanjut kepada NFT tersebut. 

Beberapa individu terkenal lainnya yang membuat Bored Ape Yacht Club untuk tenar adalah Serena Williams, Justin Bieber, dan Neymar. 

Untuk saat ini dikabarkan bahwa yang dituntut adalah Yuga Labs dan bukan selebriti yang mempromosikan proyek NFT serta token dari Yuga Labs. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.