Berita Blockchain · 8 min read

Dalam Tahap Produksi, Film Craig Wright Akan Segera Hadir!

Donatur Bitcoin SV, Calvin Ayre, mengumumkan pendanaan yang ia lakukan kepada sebuah produksi film dokumenter yang akan membahas mengenai Craig Wright, pria asal Australia yang mengklaim dirinya sebagai pencipta Bitcoin.

Dalam sebuah cuitan pada 12 Agustus lalu, Ayre seorang miliarder pendukung BSV dan anggota dari nChain menyetujui pengambilan gambar dan shooting terkait dengan film dokumenter ini. Ayre juga mengatakan ia telah menyewa beberapa kru film dari London untuk memperdalam informasi terkait dengan klaim Craig Wright sebagai Satoshi Nakamoto ini.

Selain itu, Ayre juga membocorkan niatnya untuk menerbitkan buku dan telah menyewa reporter investigasi untuk menulis hal-hal terkait dengan Craig Wright ini. Niatnya ini sempat tertunda, pasalnya penerbit di Australia membatalkan penerbitan Behind The Mask Craig Wright and the Battle for Bitcoin, sebuah buk pada Januari lalu.

Misteri Dibalik Alasan Buku Tidak Jadi Terbit 

Kepada media lokal, Affirm Press mengatakan alasan buku tersebut tidak jadi diterbitkan adalah karena “ancaman litigasi yang terlalu tinggi”. Pada saat rencana tersebut dibuat, Ayre menawarkan diri sebagai donatur dalam penerbitan buku tersebut, tetapi sayangnya hal itu tidak membuahkan hasil. 

Terkait insiden tersebut, Ayre menyatakan dirinya sekarang sedang bekerja dengan seorang penulis, dan berencana akan menerbitkan “buku kami sendiri”.

“Mereka mengatakan hal tersebut bukan sekedar ‘tangkap dan selesaikan’ tetapi mereka harus melakukannya ketika mereka dibayar untuk itu… Saya mencurigai hal tersebut, tetapi kami sendiri meminta reporter investigasi terkemuka yang akan menggali sejarah dan membuat buku untuk kami.”

Penulis buku Behind The Mask belum merilis pernyataan apapun terkait hal ini, tetapi jika buku tersebut memiliki bukti yang membantah klaim Craig Wright sebagai penemu Bitcoin, penerbit memang harus sangat berhati-hati dalam perilisan buku tersebut.

Wright secara khusus melakukan litigasi dan telah mengajukan beberapa tuntutan hukum kepada CEO Blockstream Adam Back dan pendiri Ethereum, Vitalik Buterin dengan alasan pencemaran nama baik dan meragukan klaim dirinya sebagai pencipta Bitcoin. Namun, kedua kasus tersebut dibatalkan dari pihak Craig Wright sendiri. 

Tuntutan serupa juga pernah menimpa Roger Ver di pengadilan Inggris pada Mei lalu. Lalu, baru-baru ini seorang podcaster, peter McCormack diminta untuk membayar biaya ganti rugi sebesar 24.000 USD kepada Craig Wright, dan sepertinya penyelesaian masalah akan selesai pada 4 September mendatang.

Selain Film Craig Wright, Ada Juga Satoshi’s Sister

Di luar itu, ada juga film tentang Lisa N Edwards (seseorang yang menjalankan grup perdagangan bernama Satoshi’s Sister), mengembangkan sebuah fitur yang disebut CoinRunners. Fitur ini dibuat berdasarkan pengalaman dan kehidupannya sebagai trader Bitcoin. Karya fiksi ini akan menampilkan adegan-adegan layaknya film aksi laga. Namun, pembuatannya tertunda akibat pandemi yang berlangsung.

Film-film ini membuat perfilman yang membahas mata uang crypto sekaligus penciptanya semakin ramai. Pasalnya pada 24 Juni lalu, Coinvestasi juga telah meliput berita seputar dengan film Satoshi Nakamoto yang berjudul “Decrypted”. Upaya ini dirasa akan membuat mata uang crypto semakin dikenal dan diharapkan dapat membantu pengadopsian massal.

Baca juga: Grayscale Investment Luncurkan Iklan Crypto di CNBC, MSNBC, FOX, dan FOX Business

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.