Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Exchange · 7 min read

Daftar Exchange Kripto Paling Banyak Digunakan Investor Indonesia

top exchange kripto paling banyak digunakan di Indonesia

Coinvestasi telah melakukan survei terkait kripto kepada masyarakat Indonesia. Melalui survei yang dilakukan pada 22 Desember 2023 – 10 Januari 2024 terdapat 1.086 responden yang turut serta. 

Coinvestasi menanyakan beberapa pertanyaan kepada responden, termasuk mengenai exchange kripto yang paling sering mereka gunakan.

Hasil survei menunjukkan Binance menjadi exchange kripto paling sering digunakan investor Indonesia. Binance mendapatkan persentase 32,8%.

Gambar: Diagram exchange kripto paling banyak digunakan investor Indonesia. Sumber: Survei Coinvestasi.

Persentase dominan itu tentu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pelaku industri kripto agar membuat masyarakat lebih memilih exchange kripto lokal yang telah teregulasi di Bappebti dibandingkan dengan exchange global yang belum terdaftar.

Di lain sisi, terpilihnya Binance ini juga dapat menjadi pemantik semangat bagi exchange kripto lokal untuk dapat bersaing dengan perusahaan yang kini dinahkodai oleh Richard Teng itu.

Exchange kripto lokal tentu tak cukup hanya menjual mengenai keuntungan teregulasi, namun harus dibersamai dengan peningkatan fitur yang lebih beragam, mudah diakses, dan tentu saja menyediakan biaya kompetitif tanpa perlu mengorbankan kenyamanan perdagangan. 

Selanjutnya, di posisi kedua adalah Indodax dengan presentase 16,9%. Sebagai pertukaran kripto lokal pertama di Indonesia yang didirikan pada 2014, Indodax masih banyak digunakan oleh para investor Indonesia dari berbagai kalangan.

Indodax masih terus aktif dalam mengedukasi masyarakat Indonesia tentang aset kripto melalui berbagai cara, termasuk melalui film komersial dengan menjadi sponsor untuk film 13 Bom di Jakarta.

Baca juga: Indodax Berharap Aturan Pajak Kripto Dikaji Kembali

Di posisi ketiga adalah Tokocrypto dengan presentase 13,5%. Tokocrypto adalah perusahaan kripto Indonesia yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Binance. Usai terkena krisis pada akhir 2022, Tokocrypto kini telah bangkit. Perusahaan mengumumkan bahwa total transaksi kripto yang diraih di 2023 mencapai Rp4 triliun dan menargetkan kenaikan hampir tiga kali lipat di 2024. 

Di posisi keempat adalah PINTU dengan presentase 9,1%. Exchange kripto ini dikenal sebagai pertukaran kripto yang mudah digunakan oleh pemula. PINTU memiliki sejumlah fitur menarik seperti staking, dollar cost averaging, dan Web3 wallet untuk menghubungan investor Indonesia ke dunia Web3 yang luas. 

Baca juga: Aplikasi PINTU Luncurkan Fitur Limit Order dan Auto DCA

Exchange Kripto Lokal Paling Banyak Digunakan

Gambar: Diagram exchange kripto lokal paling banyak digunakan investor Indonesia. Sumber: Survei Coinvestasi.

Sementara itu, jika berfokus kepada exchange kripto lokal saja Indodax menjadi pertukaran kripto yang paling banyak digunakan dengan presentase 30,8%. Posisi kedua adalah Tokocrypto sebesar 24,5%, Pintu sebesar 16,6%, Ajaib Kripto sebesar 12,3%, dan Pluang sebesar 10,5%. 

Di antara exchange Indonesia yang terdaftar di Coinmarketcap (12/2), Tokocrypto menempati peringkat pertama berdasarkan volume perdagangan 24 jam sebesar US$11.330.013.04. Disusul Indodax di posisi kedua dengan volume perdagangan US$9.661.943 dan Reku di posisi ketiga dengan US$5.257.632.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.