Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cryptocurrency Exchange Terpukul Karena Adanya Regulasi Pajak

febrian surya     Tuesday, February 18 2020

Cryptocurrency exchange di Brasil mulai berguguran akibat adanya kebijakan atau regulasi pajak bagi pasar kripto di negara tersebut. Sebab, terdapat tuduhan kasus penipuan kripto di Atlas Quantum, Zero10, Trader Group, dan February pada tahun lalu.  

Regulasi pajak untuk pasar kripto ini memang mendapat dukungan dari pemerintah Brasil. Di mana, regulasi ini membuat perusahaan bisa mendapatkan denda atau sanksi yang besar jika tidak melaporkan tranksaksi kriptonya. Mereka akan mendapatkan denda dari $120 hingga $360.

Saat ini, negara Brasil belum memiliki undang-undang khusus yang mengatur transaksi kripto di negaranya. Yang mana, saat ini penangganan transaksi kripto di sana berada di bawah naungan Department of Federal Revenue melalui Normative Instruction No. 1888.

Regulasi pajak ini dirasakan oleh bursa kripto seperti Acesso Bitcoin yang lebih memilih untuk menutup layanannya akibat volume perdagangan di bursa kripto mereka mengalami penurunan yang signifikan, setelah adanya regulasi pajak untuk pasar kripto di Brasil.

Sedangkan bursa kripto lainnya, Latoex mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh Acesso Bitcoin, dan memilih tutup lantaran sedang mencari dana untuk membayar denda yang dijatuhkan kepada perusahaan ini sebesar 100 ribu BRD jika tidak mematuhi perintah penangguhan yang dikeluarkan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil.

Pemerintah Brasil saat ini sedang berdiskusi dan mempertimbangkan melalui majelis Kongres Nasional terkait pengajuan proposal yang diajukan terkait pengaturan industri kripto di Brasil.

Regulasi mengenai industri kripto memang sebuah pekerjaan yang tidak mudah untuk ditetapkan oleh suatu negara. Mengapa? Sebab, perkembangan cryptocurrency memang begitu pesat berkembang sehingga negara sedikit kesulitan dalam mengatur industri kripto. Walaupun demikian, adanya kripto di suatu negara dapat meningkatkan literasi keuangan berkat tranksasi lintas negara yang bisa dengan mudah dilakukan.

Namun, regulasi yang jelas secara hukum juga dapat membuat ekosistem kripto dan blockchain di suatu negara semakin baik agar cryptocurrency dan blockchain bisa bersinergi membantu sektor industri lainnya, bukan hanya digunakan untuk bertransaksi saja.

Sumber