Crust Network Jadi Proyek Web 3.0 Pertama yang Didukung DCF

Anisa Giovanny

2nd November, 2021

Crust proyek penyimpanan terdesentralisasi telah berhasil meluncurkan mainnet pada September 2021.

Peluncuran tersebut menjadi salah satu tonggak sejarah bagi Crust yang telah melakukan pengembangan bertahun-tahun.

Dalam waktu kurang dari dua bulan sejak peluncuran mainnet, Crust Network telah mencapai hasil yang sensasional dengan lebih dari 2.200PB kapasitas penyimpanan yang terdistribusi secara global dan  lebih dari 7.000 node penyimpanan IPFS yang melayani seluruh jaringan.

Proyek ini menjadi kekuatan baru di era Web3.0, meletakkan dasar yang kuat untuk konstruksi ekologis dan upaya aplikasi yang lebih menarik.  

Crust pun menjadi salah satu proyek Web 3.0 yang didanai dan didukung oleh Decentralized Cloud Foundation atau DCF. Ini adalah sebuah organisasi nirlaba berbasis di Singapura yang berupaya mendukung dan mempromosikan teknologi dan solusi penyimpanan gaya Web3.0 yang terdesentralisasi.

Inkubasi DCF ke Crust merupakan awal untuk mendapatkan tata letak dan perhatian yang lebih luas dalam waktu dekat.

DCF pun berencana untuk memperluas program pengembangan ekosistem dengan bergabung dengan tim pengembang di Amerika Utara, Eropa Barat, Rusia, dan wilayah lain di Asia selain Singapura, tempat kantor pusat DCF berada.

“ Kami memberikan perhatian khusus kepada Tiongkok karena otoritas Tiongkok sangat mendukung inovasi dan pendaratan aplikasi teknologi blockchain. Karena itu, pihak berwenang baru-baru ini menempatkan ‘pembatasan terberat dalam sejarah’ pada industri perdagangan kripto,” tulis keterangan resmi dari DCF.

Inisiatif Web 3.0 di Crust

Di antara banyak teknologi seperti AI, IoT, Edge Computing dan Confidential Computing, Jaringan Data Terdesentralisasi, dan Penyimpanan Cloud Terdesentralisasi adalah infrastruktur utama yang menopang seluruh ekosistem Web3.0.

DCF telah mendanai proyek penyimpanan cloud terdesentralisasi Crust Network sejak 2018, dan akan memperluas upaya untuk memberikan dukungan finansial dan non-finansial ke lebih banyak proyek dan tim yang mendorong inovasi teknis.

Terlebih lagi, yayasan akan terus mendukung dan mendanai inovasi teknologi terkait, dan berencana untuk bekerja sama dengan universitas, lembaga akademik/penelitian di seluruh dunia dengan bersama-sama mendirikan pusat penelitian, laboratorium, dan inkubator proyek.

DCF untuk Masa Depan Web3.0 Lebih Baik

DCF akan terus memperdalam partisipasinya dalam pengembangan ekosistem Crust Network dan web 3.0 di segmen-segmen utama berikut:

A. Penyebaran Global Crust Network Nodes

Ini melibatkan menemukan IDC dan server yang sesuai di seluruh dunia, terutama di Amerika Utara, Eropa, dan Rusia di mana permintaan penyimpanan terdesentralisasi meningkat dengan cepat, untuk mendukung menjalankan node Crust.

B. Program Pertumbuhan Ekosistem  Crust

Pada kuartal terakhir, beberapa proyek berkualitas tinggi telah muncul di ekosistem Crust Network.

  • Bluna, solusi media Metaverse dan VR berbasis blockchain.
  • Sinso, proyek blockchain yang berfokus pada manajemen dan perdagangan pencitraan diagnostik medis.
  • SkyeKiwi, solusi transmisi terenkripsi file ujung ke ujung berdasarkan Crust Network.
  • SwitchSwap, platform terdesentralisasi untuk pencetakan, tampilan, dan perdagangan NFT.
  • Socbay, platform berbagi video dan streaming terdesentralisasi berdasarkan Crust Network.
  • Crato, disk cloud pribadi terdistribusi berdasarkan Crust Network.
  • CRUTransfer, aplikasi transfer file berbasis Crust Network.

DCF akan mengikuti dan mendukung proyek-proyek ini melalui hibah, bounty, dan hackathon.

C. Bermitra dengan Ekosistem Blockchain Terkemuka

Crust Network telah menjalin kemitraan kerja sama yang solid dengan beberapa ekosistem blockchain terkemuka, termasuk POLYGON, NEAR, ELROND, HECO dan MOONBEAM dengan menawarkan solusi penyimpanan terdesentralisasi yang aman.

Selain itu dapat diakses, dan mudah digunakan untuk NFT Metadata, DAPP, dan data pengguna. Kerjasama dengan Avalanche, SOLANA, FLOW dan BSC sedang berlangsung.

D. Jelajahi Solusi untuk Penyimpanan Metaverse

DCF sekarang mendanai beberapa proyek yang melibatkan NFT, GameFi dan SocialFi, termasuk Bluna dan SwitchSwap, seperti yang disebutkan di atas.

DCF juga mengincar lebih banyak proyek terkemuka seperti MaskBook, NFT Scan, dan UniArts sehubungan dengan integrasi dengan Crust Network.

E. Menawarkan solusi penyimpanan untuk Web2.0/permintaan bisnis tradisional

Crust Network telah mendapatkan perhatian dari vendor layanan cloud dan beberapa permintaan bisnis yang agak tradisional untuk solusi penyimpanan terdistribusi/terdesentralisasi yang kuat dan tanpa biaya. Crust Network sedang mengerjakan skenario bisnis ini.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency