Berita Altcoins · 7 min read

Cosmos Luncurkan IBC, Mempermudah Transaksi Antar Proyek DeFi

Cosmos (ATOM) baru saja meluncurkan sistem komunikasi antar blockchain atau Inter-Blockchain Communication (ICB).

Sistem ini mempermudah adanya transaksi antar blockchain atau cross-chain antara proyek-proyek di Sektor Decentralized Finance (DeFi).

Cosmos Meluncurkan Sistem IBC

Cosmos saat ini sedang membangun wadah berupa bursa terdesentralisasi (DeX) dengan sistem IBC berbasis blockchain yang bernama Gravity.

Crypto yang dijuluki Internet of Blockchains, telah meluncurkan sistem IBC yang mempermudah transaksi antar crypto dalam blockchain yang berbeda.

Diterbitkan 29 Maret 2021, sistem ini telah mempermudah perpindahan crypto antara Cosmos dengan blockchain lain yang cocok dengan sistem IBC.

IBC ini telah dikembangkan selama lima tahun dan disetujui melalui pemungutan suara.

Pemungutan suara terjadi pada jaringan dengan adanya 112 Juta suara yang mendukung sistem ini.

Pihak yang terlibat dalam pengumpulan suara perlu memastikan adanya 512 ATOM yang terdeposit untuk memastikan suaranya terkumpul.

Baca juga: Mengenal Cosmos Si Internet Blockchain

Jumlah Token ATOM yang dimiliki dalam deposit menentukan pengaruhnya dalam melakukan pemungutan suara secara keseluruhan.

Sistem IBC dapat memfasilitasi aplikasi baru dengan adanya fitur untuk kecocokan transaksi dengan token fungible dan non-fungible antar blockchain.

Transaksi tersebut adalah transaksi antar blockchain, yang juga membentuk jalur baru untuk transaksi lintas blockchain dan bursa Non-Fungible Token (NFT).

Saat ini, Cosmos juga dalam proses untuk mengembangkan bursa terdesentralisasi (DeX) yang mendukung transaksi lintas blockchain.

Dilengkapi DeX Cross-Chain

Selain itu, DeX ini juga akan mengimplementasikan sistem IBC yang akan meningkatkan sistem transaksi yang lebih mudah dan hemat.

Pengumuman tersebut menyatakan,

“DeX Gravity ini akan menjadi bursa untuk pertukaran token dari beberapa blockchain, termasuk token yang berasal dari blockchain dengan sistem IBC, Wrapped ETH, token ERC20, token Wrapped BTC, dan beberapa jaringan lain yang akan menerapkan IBC.”

IBC adalah sistem yang memberikan metode secara aman untuk menukarkan data antara dua blockchain yang berbeda.

Baca juga: Volume Likuiditas DeX Sentuh Angka Tertinggi, Ini Dia Penguasanya!

IBC juga memberikan cara skalabilitas melalui sistem sharding dengan memanfaatkan beberapa sidechains untuk beberapa aplikasi berbeda.

Sistem ini diterapkan dalam pembaruan ekosistem Cosmos bernama Stargate.

Dengan adanya pembaruan ini, akan ada implementasi beberapa node untuk mempercepat transaksi 200 kali lipat.

ATOM saat ini masih bergerak berkonsolidasi sejak kabar pembaruan ini dipublikasikan.

Saat ini, ATOM berada sekitar 23% di bawah harga tertingginya sejak 17 Februari 2021.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.