Coinweb Integrasi Ethereum dan Satukan Blockchain Terbesar di Dunia

Anisa Giovanny

28th March, 2022

Protokol layer-2 menyatukan rantai turunan Bitcoin dan Ethereum, yang menciptakan cara dan kemungkinan baru untuk solusi dApp yang dapat dioperasikan dengan fitur interoperabilitas.

Coinweb, protokol interoperabilitas blockchain layer-2 telah menambahkan underlying chain Ethereum ke infrastruktur blockchainnya yang dapat dikembangkan.

Penambahan ini untuk mewujudkan visi perusahaan membuat dunia yang terdesentralisasi. Integrasi ini menjadi dasar untuk penyatuan tingkat protokol dari chain turunan Bitcoin ke family chain Ethereum.

Baca juga: Apa itu Ethereum? Panduan Dasar untuk Pemula!

Sebagai dua blockchain dan aset yang merajai industri crypto, mengintegrasikan dan menyatukan rantai dan turunannya ini akan membuat pengguna mendapatkan akses ke modal gabungan dua ekosistem dan membuka potensi yang sebelumnya belum dimanfaatkan dalam ruang blockchain yang sudah ada.

Selain meningkatkan total likuiditas yang tersedia, chain Ethereum memiliki lebih dari 150 rantai atau chain individu, masing-masing dengan ekosistem dan sifat uniknya sendiri.

Menambahkan dukungan untuk chain ini akan memperluas ruang solusi terkonsolidasi Coinweb untuk pengembang aplikasi terdesentralisasi (dApp).

“Family chain Ethereum terdiri dari struktur yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan rantai turunan Bitcoin. Hingga saat ini, proof of concept telah disampaikan dengan mengelola transaksi lintas rantai di seluruh rantai turunan Bitcoin, yang semuanya memiliki struktur serupa, ” kata CEO Coinweb Toby Gilbert.

Ia menambahkan, “Coinweb sekarang telah membuktikan kompatibilitasnya dengan dua chain terbesar, yang strukturnya benar-benar independen satu sama lain. Pencapaian ini membuka jalan bagi platform untuk melanjutkan dorongan agresifnya dalam menghubungkan sejumlah besar rantai demi menghadirkan penggunaan dan adopsi di dunia nyata.”

Proyek yang saat ini dibangun di atas platform Coinweb akan mulai menggunakan sistem penyiaran multi-chain, mencatat transaksi ke rantai turunan Bitcoin dan family chain Ethereum, yang dapat dilihat di Coinweb explorer. 

Bangun Infrastruktur Blockchain yang Kuat

Tidak seperti jembatan cross-chain, solusi interoperabilitas, dan skema koneksi lainnya yang ada saat ini, “Kopling” blockchain Coinweb yang unik dan kuat di tingkat protokol.

Hal tersebut memungkinkan pertukaran informasi dan membuat dApps antara kombinasi apa pun dari blockchain sambil tetap mempertahankan properti keamanan yang sama dengan lapisan yang mendasari. 

Smart contract reaktif dari Coinweb pun bisa menjaga keseimbangan gas sambil terus memantau setiap underlying chain untuk melihat peristiwa yang memicu eksekusi mereka, memungkinkan volume yang lebih besar dari komputasi dan swasembada di seluruh rantai.

“Kami telah mencapai tahap di mana informasi adalah salah satu aset yang paling berharga untuk diperdagangkan. Kemungkinan besar sebagian besar informasi yang dihasilkan di masa depan akan dicatat di blockchain. Dalam skenario seperti itu, di mana segala sesuatu mulai dari data sensor perangkat Internet of Things (IoT) hingga pergerakan pemain individu di metaverse akan direkam, kita tidak berbicara tentang ribuan melainkan puluhan juta peristiwa per detik,” kata Co-Founder dan Chief Technology Officer Coinweb, Knut Vinger.

“Karena itu membangun infrastruktur Blockchain yang mampu mendukung perkembangan ini penting dilakukan, dan ini lah yang dibangun oleh Coinweb untuk memberikan platform yang mampu menskalakan banyak sistem blockchain individu secara horizontal tanpa ketergantungan kepada satu chain saja.”

Tentang Coinweb

Coinweb.io adalah platform komputasi lintas rantai (cross-chain) layer-2 yang memulai perjalanannya pada pertengahan 2017.

Dengan jajaran anggota tim yang mengesankan dan dewan penasihat dari dunia teknologi tradisional, bisnis, dan blockchain, Coinweb memecahkan beberapa masalah paling kritis yang ada dalam Distributed Ledger Technology saat ini.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Coinweb dengan bergabung di telegram resmi Coinweb, komunitas Indonesia Coinweb, dan ikuti laman twitternya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency