Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Coinbase, Bursa Crypto Terbesar Keluarkan Terobosan Baru!

Aulia Medina     Monday, December 10 2018

Coinbase yang merupakan dompet crypto terbesar di Amerika Serikat dan merupakan salah satu perusahaan yang paling berpengaruh di industri ini, bereksperimen dengan meluncurkan inovasi terbaru yaitu, mencoba untuk membiarkan para user bisa mengontrol informasi pribadi mereka sendiri.

Menurut B. Byrne, manajer produk perusahaan, mengatakan tujuan utama dibuatnya inovasi ini adalah untuk membantu para pengguna agar bisa menyimpan lebih banyak informasi tentang transaksi online yang mereka lakukan. Hal ini tentunya juga akan mengubah proses tentang cara Coinbase menyimpan dan mengumpulkan informasi di Know Your Customer (KYC) dan bagaimana mengatasi masalah itu melalui banyak platform yang ada saat ini.

Baca juga: Ramalan Crypto 2019: 3 Kemungkinan Pemicu Bitcoin Bull Run Berikutnya

Byrne menegaskan bahwa perusahaannya pada tahun 2019 nanti akan mulai mencari jawaban untuk ini dan menemukan solusi yang tepat. Menurutnya, bagian dari eksperimen ini tidak akan berdampak langsung pada konsumen perusahaan, namun setidaknya itu akan membantu mereka ketika eksperimen tersebut sudah diterapkan. Perhatian utama Coinbase adalah mereka ingin membuat inovasi yang dapat membantu para pelanggan. Byrne bermaksud untuk memulai eksperimen dengan pengguna dari Coinbase Wallet terlebih dahulu. Idenya adalah untuk menciptakan beberapa proses yang hanya sebagian terdesentralisasi karena solusi yang sepenuhnya terdesentralisasi bukanlah yang mereka inginkan.  Namun, masih ada satu masalah yang menjadi hambatan yaitu dalam hal operasionalnya. Rencana dan tujuannya seperti yang diungkapkan diawal adalah untuk mempermudah seluruh sektor industri dalam hal bertransaksi, tidak hanya untuk Coinbase saja. Jadi dalam hal ini, kita butuh kolaborasi eksternal. Sebagaimana ditegaskan oleh Byrne, tidak ada standar saat ini untuk melakukannya, sehingga perusahaan harus fokus juga mencari solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi friksi lintas platform dengan cara bahwa privasi pelanggan dijamin melalui banyak platform .

Bahkan ketika kelompok seperti komunitas W3C ingin menciptakan serangkaian standar internasional yang mengharuskan kita berhati-hati karena sistemnya ‘bersama’; juga berarti itu memungkinkan adanya eksploitasi, sehingga dapat dengan mudah meretas sistem perusahaan. Oleh karena itu, Byrne telah menegaskan bahwa Coinbase hanya akan membuat inovasi yang realistis, tidak terlalu banyak berekspektasi dan hanya menghasilkan ide yang ‘sehat’.