Co Founder Bitmex Prediksi Altcoin Kehilangan 50% Nilainya di Akhir Bulan

Anisa Giovanny

17th June, 2022

Co Founder Bitmex, Arthur Hayes memprediksi jika banyak altcoin yang akan kehilangan 50% nilainya lagi menyusul kondisi market saat ini.

Ethereum dan Solana menunjukkan kerugian besar sebesar 40% dalam empat minggu terakhir, apabila prediksi Hayes benar maka akan banyak holder altcoin yang gigit jari karena “altcoin holder” akan semakin merugi. 

Menurutnya tekanan harga ini akan terjadi pada 30 Juni-5 Juli ketika neraca awal The Fed mulai menyusut. Ia juga menyatakan bahwa situasi likuiditas di pasar cryptocurrency akan bermasalah di paruh kedua tahun ini dan, berpotensi, pada awal 2023. 

Dasar prediksinya ini datang dari kenaikan suku bunga The Fed senilai 75 bps dan kini suku bunga menjadi 1.75, yang diperkirakan akan mendorong investor yang menghindari eksposur risiko lebih jauh dari aset berisiko seperti cryptocurrency.

Baca juga: Suku Bunga Amerika Naik 0,75%! Bitcoin dan Ethereum Ikut Naik

Sementara itu, Bitcoin telah jatuh lebih dari 52% tahun ini dan sekarang berada di sekitar $21.000 per koin, menurut data dari Coindesk.

Cryptocurrency paling populer telah kehilangan sekitar 70% dari nilainya sejak mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar $69.000 pada bulan November. 

Kapitalisasi pasar keseluruhan aset kripto telah turun menjadi kurang dari $1 triliun dari puncak November 2021 sebesar $3 triliun. Ini adalah pertama kalinya sejak 2021 kelas aset bernilai kurang dari $1 triliun.

Banyak aset lain juga mengalami volatilitas yang mengguncang investor. Indeks S&P 500 minggu ini jatuh di wilayah bear market, yang didefinisikan sebagai penurunan setidaknya 20% dari tertinggi terbaru. 

“Ini tidak akan menjadi titik masuk yang baik sekarang dan investor harus lebih waspada karena lebih fluktuatif,” kata Ivory Johnson, Founder Delance Wealth Management dilansir dari CNBC International. 

Johnson kembali menambahkan bahwa saat ini menjadi waktu yang tepat untuk memeriksa alokasi aset dan ia merekomendasikan agar bitcoin hanya menjadi bagian kecil  antara 1% dan 5% dari total portofolio investasi yang dimiliki.

Baca juga: ETH dan BTC Anjlok! Setengah Miliar Dollar Dilikuidasi

Uji Ketahanan dan Peluang Baru di Bear Market 

Kondisi saat ini menurut Douglas Boneparth, CFP dan presiden Bone Fide Wealth di New York, bisa dianggap sebagai waktu untuk melihat apa yang tidak masuk akal dengan yang berpotensi.

Artinya dalam bear market ini selain melihat harga Bitcoin dan altcoin yang babak belur kita akan melihat mana saja proyek crypto yang berkualitas dan mampu bertahan. 

“ Anda mungkin melihat ini sebagai peluang besar’ yang pasti, penurunan harga tidak berarti investor jangka panjang harus menunda membeli bitcoin, jika Anda percaya pada bitcoin, maka Anda mungkin melihat ini sebagai peluang besar,” kata Boneparth.

Ia juga menyarankan jika investor ingin membeli Bitcoin di saat ini, investor perlu memiliki keyakinan jangka panjang dengan investasi yang didukung ventura dalam hal risiko dan potensi imbalan.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency