Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 8 min read

Pemerintah China Perluas Penggunaan Yuan Digital di Tiga Sektor!

Yuan Digital

Pemerintah China sedang giat memperluas penggunaan mata uang digital Bank Sentral (CBDC) di berbagai sektor dan wilayah, termasuk transportasi, penggajian pegawai publik, dan transaksi lintas batas.

Baca Juga: China Bagikan Yuan Digital Lebih dari 400 Miliar Rupiah!

Pembayaran Bus

Menurut laporan media lokal Shunwang Jinan Daily pada Minggu (2/7), Pemerintah Kota Jinan di China akan memberlakukan pembayaran bus menggunakan yuan digital mulai Sabtu (1/7).

Sebagai uji coba awal, pembayaran bus menggunakan yuan digital akan di rute bus B52 dan BRT5 terlebih dahulu. Apabila uji coba berhasil, pemerintah akan menerapkan metode pembayaran yuan digital ke seluruh jaringan busnya.

Petugas telah melakukan pembaruan pada semua pembaca kartu dan perangkat lunak di busnya untuk memungkinkan penumpang membayar menggunakan yuan digital.

Pemerintah memberikan diskon tarif kepada penumpang yang menggunakan yuan digital untuk pembayaran transportasi guna mempercepat adopsinya.

Setiap orang akan mendapatkan diskon hingga 2 perjalanan per hari dan maksimal enam perjalanan diskon per bulan dengan pembayaran menggunakan yuan digital.

Baca juga: Mengenal Yuan Digital

Gaji Pegawai

Dilansir dari Cointelegraph, pada Minggu (23/4), Pemerintah Kota Changsu di China mengumumkan langkah terbaru dalam mendorong adopsi yuan digital.

Gaji pegawai negeri di kota tersebut akan dibayarkan menggunakan mata uang digital mulai bulan Mei. Keputusan ini mencakup semua tingkat pegawai dalam sektor pelayanan publik, lembaga publik, dan unit milik negara.

Baca Juga: Pegawai Sektor Publik di China akan Digaji Pakai Yuan Digital

Transaksi Lintas Batas

Tak sebatas transaksi domestik, yuan digital juga akan digunakan dalam inisiatif Belt and Road dan perdagangan lintas batas. Kota Xuzhou di China telah mengumumkan rencana untuk mempromosikan penggunaan CBDC dalam perdagangan lintas batas. Kota ini merupakan titik keberangkatan kereta yang mengirimkan barang ke Eropa.

Dilansir dari laporan South China Morning Post pada Jumat (5/5), untuk mempercepat penggunaan yuan digital dalam transaksi lintas batas, Bank of China (BOC) telah bermitra dengan Bank Prancis BNP Paribas.

Baca Juga: Mengenal Mata Uang Digital Nasional Cina (DCEP) atau Yuan Digital

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.