Berita Industri · 7 min read

China akan Implementasi Besar-besaran Yuan Digital di Shanghai

China Beri Pelatihan Blockchain ke 500.000 Tenaga Ahli

Implementasi yuan digital (e-CNY) atau mata uang digital bank sentral China akan dilakukan besar-besaran di kawasan Pudong, Shanghai, China.

Menurut dokumen yang dipublikasikan oleh Xinhua (22/1) ada sejumlah inovasi untuk meningkatkan adopsi yuan digital di kawasan tersebut dalam lima tahun ke depan.

Yuan digital akan dilibatkan untuk penyelesaian perdagangan, pembayaran e-niaga, perdagangan karbon, perdagangan energi ramah lingkungan dan lain sebagainya. Ada pula standarisasi dan perluasan skenario penerapan yuan digital dalam penggunaan dana fiskal.

Pada tahun 2027, dokumen tersebut berjanji, “Kemajuan terobosan akan dicapai dalam inovasi kelembagaan, [dan] hasil yang signifikan akan dicapai dalam pembangunan sistem pasar berstandar tinggi dan sistem ekonomi terbuka tingkat tinggi yang baru.”

Berdasarkan dokumen tersebut, Kawasan Baru Pudong akan diberikan kewenangan baru untuk berkembang menjadi hub internasional yang akan mendukung perekonomian negara.

Baca juga: China Bentuk Kelompok Standarisasi Metaverse

Perkembangan Yuan Digital

Dokumen Bank Rakyat Tiongkok (PBC) mencatat perkembangan mata uang digital Tiongkok, e-CNY, dimulai dengan penelitian awal dan pengembangan konsep antara tahun 2014 dan 2016.

Pada tahun 2017, Institut Mata Uang Digital didirikan, yang mengarah pada perumusan top- desain tingkat untuk e-CNY.

Program percontohan dimulai pada akhir tahun 2019 di beberapa kota, termasuk lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Proyek ini berkembang pesat, dengan pencapaian penting pada bulan Juli 2021 ketika PBC merilis whitepaper yang merinci kemajuan e-CNY.

Pada bulan Januari 2022, aplikasi e-CNY tersedia untuk umum, menandai fase baru dalam aksesibilitas mata uang digital. Pada tanggal 31 Desember 2021, e-CNY memiliki volume transaksi sebesar 230 juta dan diterima oleh lebih dari 3,6 juta pedagang, yang menunjukkan adopsi yang luas.

Baca juga: China Uji Coba Yuan Digital dengan Bank Swasta Global

Pada 2023 e-CNY mengalami penyerapan dengan penerapannya di 26 kota dan lebih dari 5,6 juta pedagang dilibatkan dalam penggunaan mata uang digital ini.

Pada tahun 2023 mata uang tersebut diintegrasikan ke dalam pembayaran gaji pegawai negeri di provinsi Jiangsu. Pada bulan September 2023, e-CNY dipromosikan di pameran China-Asean di Guangxi untuk perdagangan bilateral.

Hong Kong juga bergabung dalam inisiatif untuk mempromosikan e-CNY dimana Bank of China Hong Kong memfasilitasi transaksi untuk pelanggan di China daratan di lebih dari 200 lokasi ritel, menandai langkah signifikan dalam perjalanan yuan digital menuju adopsi dan internasionalisasi yang lebih luas.

Baca juga: Alibaba dan WeChat Terima Pembayaran dengan Yuan Digital

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.