Charles Hoskinson Akui Salah Sangka Soal Peluncuran dApps

Rossetti Syarief

24th March, 2022

Charles Hoskinson sempat memberikan prediksi berani tentang jaringan dua tahun lalu. Meskipun ekosistem telah meningkat sepanjang 2022, namun prediksi yang ia ungkapnya nyatanya belum juga terjadi.

Co-founder Cardano tersebut belum lama ini mengakui bahwa perkiraan yang ia buat pada Juli 2020 tentang jumlah dApps yang datang ke blockchain belum membuahkan hasil hingga kini.

Namun ia masih merangkul hodler secara positif dengan menaikan tagar ‘pelan dan pasti‘.

Charles Hoskinson Salah Menilai dApps

Menurut platform analitik DeFiLlama, hanya tujuh dApps yang berjalan di Cardano dan total $315,72 juta dalam TVL, tidak termasuk nilai staking pada governance token.

Dua dari dApps tersebut bahkan memiliki $0 TVL di luar governance token. 

Charles Hoskinson percaya, bahwa pengembang sedang menunggu penyebaran upgrade hardfork Vasil di Cardano yang dijadwalkan Juni ini untuk meluncurkan proyek mereka.

dApps pada Cardano yang dilacak oleh DeFiLlama

Data tersebut bertentangan dengan beberapa prediksi Hoskinson yang lebih tinggi pada 2020 silam. Namun setidaknya, data telah mengkonfirmasi bahwa ekosistem Cardano telah meningkat secara stabil sepanjang tahun 2022.

Baca Juga: Charles Hoskinson: Cardano Berpotensi Kerja Sama dengan Solana

Cardano Tetap Tunjukkan Performa Mengesankan

Performa ADA didukung juga oleh peluncuran pertukaran desentralisasi (DEX) SundaeSwap pada 21 Januari, yang memicu peningkatan besar dalam TVL. 

Cardano TVL terus menanjak sepanjang tahun 2022

Menurut grafik data diatas, TVL ekosistem sekarang berada di posisi tertinggi sepanjang masa sebesar $315,7 juta dengan Minswap DEX memimpin semua dApps lainnya dengan $195,2 juta. 

Itu menjadikan Cardano jaringan blockchain terbesar ke-25 oleh TVL. Jika menghitung nilai governance token yang staking, TVL Cardano adalah sekitar $421,5 juta.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.