Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 6 min read

Changpeng Zhao (CZ) Hanya Dihukum Empat Bulan Penjara

CZ dihukum empat bulan

Changpeng Zhao alias CZ, mantan CEO dari exchange kripto Binance, dijatuhi hukuman penjara selama empat bulan. Jaksa awalnya berusaha untuk menuntut mantan eksekutif Binance tersebut dengan hukuman 36 bulan.

CZ Terima Hukuman 4 Bulan Penjara

CZ dijatuhi hukuman penjara selama 4 bulan, jauh lebih rendah daripada tuntutan sebelumnya yakni 36 bulan.

Menjelang hukuman yang dijatuhkan pada 30 April 2024, Changpeng Zhao, mantan CEO Binance, membuat permohonan tulus untuk pengampunan dan kesempatan kedua.

Dalam surat yang diserahkan ke pengadilan pada 24 April 2024, Zhao mengungkapkan penyesalan mendalam atas tindakannya, mengakui “keputusan buruk” yang dibuatnya dan menerima tanggung jawab penuh.

“Saya minta maaf atas keputusan buruk saya dan menerima tanggung jawab penuh. Yakinlah bahwa hal ini tidak akan pernah terjadi lagi. Mohon terima jaminan saya bahwa ini akan menjadi satu-satunya pertemuan saya dengan sistem peradilan kriminal.” tulis CZ dalam surat tersebut.

Dalam permohonannya kepada pihak berwenang, CZ mengakui bahwa dia seharusnya menerapkan perubahan kepatuhan di Binance jauh lebih awal dalam sejarah bursa tersebut. Namun, dia menekankan bahwa di bawah kepemimpinannya, Binance akhirnya memperkenalkan kontrol yang ketat untuk memperbaiki situasi.

Zhao menekankan bahwa ia “secara sukarela menyerahkan diri dan mengambil tanggung jawab” dalam kasus ini, berharap untuk menyelesaikan masalah tersebut dan memulai kembali.

Baca juga: Kekayaan CZ Meningkat Walau Tersangkut Hukum

Perbedaan Lama Hukuman dengan Sam Bankman-Fried

Mengingat hukuman untuk mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried (SBF) dibandingkan dengan hukuman yang diberikan kepada CZ, banyak yang mempertanyakan mengapa dua pemimpin industri ini menerima perlakuan yang begitu berbeda dalam sistem hukum AS.

SBF ditangkap pada tahun 2022, diekstradisi ke Amerika Serikat, mengajukan pledoi tidak bersalah, diberi tahanan rumah, kemudian ditahan di penjara setelah adanya tuduhan intimidasi saksi, diadili selama enam minggu, dinyatakan bersalah, dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara.

Sementara CZ, didakwa pada tahun 2023, mengajukan pledoi bersalah, diizinkan untuk tetap bebas dengan jaminan, dijatuhi hukuman empat bulan penjara, dan akan menyerahkan diri dalam beberapa hari.

“CZ didakwa dengan kejahatan yang lebih mirip pelanggaran regulasi: kegagalan untuk memiliki sistem kontrol Anti-Pencucian Uang yang memadai, sedangkan SBF didakwa dengan penipuan melalui telekomunikasi yang terkait dengan penjarahan diam-diam miliaran dolar dalam kripto yang dipegang oleh FTX untuk mendukung Alameda,” kata Mark Bini, mantan asisten jaksa AS di Distrik Timur New York.

“Walaupun kedua kejahatan itu serius, kejahatan SBF jauh lebih serius.” ungkap Mark Bini.

Baca juga: Changpeng Zhao (CZ) Tulis Permintaan Maaf Jelang Putusan Hukuman

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.