CEO Twitter: Bitcoin Akan Jadi Mata Uang Internet

Aulia Medina

6th February, 2019

Co-founder dan CEO Twitter, Jack Dorsey umumkan kembali bahwa dirinya percaya Bitcoin (BTC) akan menjadi mata uang internet. Dorsey membuat komentarnya dalam sebuah wawancara dengan komedian Amerika dan pembawa acara podcast, Joe Rogan yang dipublikasikan pada 2 Februari.

Dalam wawancara tersebut, Dorsey menyatakan:

“(Bitcoin) adalah sesuatu yang terlahir di internet, yang dikembangkan di internet, dan di uji di internet. Bitcoin bagian dari Internet.”

CEO Twitter tersebut juga mengatakan hal yang sama sebelumnya, dicatat pada pertengahan Mei 2018 bahwa dia melihat Bitcoin sebagai sebuah pilihan untuk mata uang asli internet.

BITCOIN MENJADI SATU-SATUNYA

Dorsey yang juga merupakan founder dan CEO dari perusahaan pembayaran seluler Square, yang mengizinkan para penggunanya berdagang Bitcoin. Ketika ditanya oleh Rogan apakah ada rencana untuk menambahkan crypto lain ke dalam aplikasi, Dorsey menjawab bahwa dia tidak berencana.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph pada bulan Desember tahun lalu, Square telah dinobatkan sebagai perusahaan Yahoo Finance tahun ini. Satu bulan sebelumnya, Square mengungkapkan bahwa mereka menghasilkan $43 juta dalam pendapatan Bitcoin pada Q3 2018.

Baca juga: Kemanjuran Cryptocurrency yang Berbasis Proof-of-Work

Dalam wawancara tersebut, Rogan juga menanyakan apakah Dorsey melihat tekanan dalam Bitcoin, yang dijawab oleh Dorsey dengan menyarankan “melihat beberapa bank utama dan pertimbangan mereka pada Bitcoin.”

Dorsey mencatat bahwa “mereka semua menyukai blockchain dikarenakan kemudahannya yang dapat dibentuk untuk bisnis mereka dan memiliki potensial garis bisnis baru,” tapi lalu dia mengatakan bahwa teknologi ini “dapat mengancam layanan tertentu di belakang bank dan institusi keuangan, hal ini juga mengancam beberapa badan pemerintahan juga..”

Dorsey juga meramalkan transisi internet kedalam sistem yang setiap datanya yang diciptakan akan online secara permanen. Menurutnya, “Hal inilah yang blockchain bantu, kami butuh memastikan bahwa kami memperhatikan hal itu.” Dia lanjut menjelaskan bagaimana dia melihat masa depan internet:

“Kita bergerak ke dunia dimana segalanya diciptakan untuk selamanya, tidak ada yang mengontrol, hal ini menjadi lebih terdesentralisasi dan semua hambatan yang dihadapi ini tidak sepenting itu lagi.”

Video wawancara tersebut memiliki 38 ribu dislike dan 5.7 ribu like. Kabarnya Rogan menghapus komentar-komentar negatif dari Youtube, beberapa pengguna menyisipkan satu komentar, mengatakan bahwa dirinya meng-copy sebuah komentar negatif yang telah dihapus. Komentar tersebut berbunyi:

“Jika kami memiliki hak menggunakan media sosial, Anda tidak memiliki pembenaran untuk melarang orang-orang, Jack.”

Komentar dalam larangan Twitter bisa menjadi referensi kepada publik pelarangan Twitter tahun lalu. Salah satunya komentar Alex Jones, pemilik situs Infowars sisi kanan.

Pada musim gugur 2018, ketika mendengar tentang transparansi Twitter,  U.S. House Committee on Energy and Commerce, Dorsey membeberkan bahwa blockchain dapat digunakan sebagai penanganan memerangi kesalahan informasi dan penipuan.

Sumber