Berita Altcoins · 7 min read

Cardano Sukses Lakukan Hard Fork, Apa Selanjutnya?

Vasil hard fork sukses

Setelah beberapa bulan penundaan, upgrade vasil hard fork Cardano akhirnya berhasil dilaksanakan pada Jumat 23 September pukul 05.00 WIB.

Vasil hard fork adalah bagian dari era Basho Cardano salah satu fase pengembangan utama pada peta jalan proyek yang berfokus pada pengoptimalan, skalabilitas, dan interoperabilitas.

Keberhasilan mainnet ini diumumkan oleh blockchain Input Output Hong Kong (IOHK) di Twitter pada hari Kamis, sementara yang lain juga mengamati tentang hard fork di Twitter Spaces langsung dengan co-founder Cardano Charles Hoskinson.

Peningkatan ini adalah hasil dari upaya kolaboratif di seluruh ekosistem Cardano dari tim pengembangan inti, Yayasan Cardano, IOG, Emurgo, dan komunitas Cardano yang lebih luas melalui Proposal Peningkatan Teknis Cardano (CIP).

CEO Cardano Foundation, Frederik Gregard mengatakan pada Decrypt via email, manfaat utama dari hard fork ini adalah untuk mengurangi waktu transaksi. 

“Vasil akan meningkatkan kemampuan kontrak pintar Cardano melalui Plutus V2, yang menambahkan efisiensi yang lebih besar ke platform kontrak pintar yang sudah kuat, pada akhirnya, ini akan mengurangi biaya eksekusi skrip dan ukuran transaksi, plus meningkatkan throughput.

PlutusV2 akan diimplementasikan pada 27 September, dengan versi kedua itu para developer dimungkinkan untuk menulis kontrak pintar Cardano dengan lebih sedikit kode yang memungkinkan biaya transaksi yang lebih rendah karena lebih banyak dari mereka yang dapat masuk ke setiap blok  atau kumpulan transaksi di jaringan.

Langkah Cardano Selanjutnya

Setelah sukses dengan vasil hard fork, Cardano akan terus mengembangkan solusi penskalaan layer-2 protokol hydra yang memproses transaksi dari blockchain Cardano sambil tetap menggunakannya untuk  lapisan keamanan dan penyelesaian.

Pembaruan terbaru tentang Hydra dari 16 September merinci tim menangani masalah yang diketahui dengan node Hydra. Protokol tidak memiliki tanggal peluncuran yang ditetapkan, tetapi itu dimaksudkan untuk sekitar akhir 2022 atau kuartal pertama 2023.

Dengan kesuksesan peluncuran hard fork koin ADA berhasil naik hampir 4% selama 24 jam terakhir menjadi $0,46 menurut data CoinGecko, meskipun masih turun lebih dari 4,5% pada minggu ini.

Baca juga: Bagaimana Potensi Koin ADA Selesai Vasil Hard Fork?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.