Harga · 5 min read

Bagaimana Potensi Koin ADA Selesai Vasil Hard Fork?

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?

Cardano (ADA) akan melakukan salah satu pembaruan terbesarnya bernama Vasil Hard Fork yang akan membawa banyak peningkatan dalam kualitas blockchain. 

Pembaruan yang akan datang pada 22 September 2022 ini diprediksi akan memiliki dampak negatif untuk harga ADA menurut mayoritas investor di media sosial. 

Potensi dampak negatif ini berasal dari cerminan terhadap The Merge Ethereum (ETH) dimana harga ETH mengalami koreksi signifikan setelah The Merge. 

Walau banyak yang memprediksi koreksi, masih ada narasi bahwa dalam jangka panjang akan tercipta dampak positif dari Vasil Hard Fork ini. Sayangnya hingga saat ini dampak positif tersebut belum terlihat. 

Dampak Positif Vasil Hard Fork Belum Terlihat 

Beberapa bukti bahwa saat ini kondisi ADA masih belum terimbas dampak positif dari Vasil Hard Fork terlihat dari data onchain atau data langsung dari blockchain. 

Pertama adalah data volume transaksi ADA dalam beberapa hari terakhir. Terlihat data di bawah bahwa volume transaksi ADA mengalami penurunan drastis terutama sejak 19 September 2022. 

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?
Data Volume Transaksi ADA dari Messari.io

Pergerakan ini dapat menandakan bahwa saat ini investor dan trader ADA belum merasa yakin untuk membeli dan memprediksi masih ada potensi koreksi harga sehingga volume transaksi masih turun terutama menuju Vasil Hard Fork.   

Baca juga: Vasil Hard Fork Cardano: Pengertian, Perubahan, Dan Keuntungannya

Asumsi potensi koreksi ini dilanjutkan dengan adanya data kapitalisasi pasar ADA dari beberapa hari terakhir. 

Terlihat dari data di bawah bahwa kapitalisasi pasar ADA terus bergerak turun menuju Vasil Hard Fork, yang memberi konfirmasi bahwa banyak investor dan trader yang khawatir dan mengamankan dananya terlebih dahulu. 

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?
Data Kapitalisasi Pasar ADA dari Messari.io

Pergerakan ini terjadi sejak Agustus 2022 yang juga dipengaruhi oleh beberapa sentimen negatif lainnya seperti sentimen makroekonomi. 

Tapi dengan pergerakan menurun dalam kapitalisasi pasar ini, terdapat asumsi bahwa banyak investor dan trader ADA yang khawatir akan terjadinya pergerakan seperti ETH setelah The Merge. 

Bersama dengan volume transaksi dan kapitalisasi pasar yang turun, volatilitas ADA juga terlihat menurun seperti pada data di bawah. 

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?
Data Volatilitas ADA dari Messari.io

Terlihat bahwa terutama sejak 18 September 2022, volatilitas ADA terlihat turun drastis, menandakan banyaknya investor dan trader yang menunggu Vasil Hard Fork sebelum melakukan transaksi lagi. 

Hal ini menandakan banyaknya asumsi bahwa harga ADA akan turun setelah Vasil Hard Fork yang membuat narasi dampak positif masih belum terlihat, terutama dalam jangka pendek. 

Analisis Teknikal Koin ADA

Jika mengacu pada pergerakan harga, asumsi koreksi ini masih terlihat sangat benar terutama karena koreksi besar yang terjadi pada 18 September 2022. 

Mengacu pada grafik harga di bawah, terlihat bahwa koreksi signifikan yang terjadi beberapa hari yang lalu telah membuat ADA bergerak turun dari zona apresiasinya dalam grafik jangka waktu harian. 

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?
Grafik Harian ADAUSD

Untuk saat ini masih belum terlihat ada pertanda pemulihan yang kemungkinan memperkuat narasi bahwa apresiasi harga belum akan terjadi dan koreksi kemungkinan akan berlanjut. 

Tapi, dengan adanya data volatilitas yang semakin kecil, kemungkinan koreksi ADA akan terjadi secara perlahan. 

Baca juga: Harga Cardano, Tunjukkan Perubahan Menjelang Hard Fork Vasil?

Oleh karena asumsi tersebut, terdapat kemungkinan bahwa ADA akan turun ke daerah batas bawah saat ini di sekitar Rp6.300. 

Kemungkinan koreksi ini juga diperkuat dengan adanya beberapa sentimen makroekonomi yang akan terjadi bersamaan dengan Vasil Hard Fork, yaitu pengumuman suku bunga acuan Amerika. 

Apa bila masih bertahan di batas bawah tersebut, kemungkinan ADA masih memiliki potensi untuk naik kembali. 

Bagaimana Potensi Koin ADA Habis Upgrade?
Grafik Mingguan ADAUSD

Asumsi tersebut sejalan dengan grafik jangka waktu mingguan yang memperlihatkan bahwa saat ini ADA masih bergerak dalam konsolidasi setelah keluar dari pergerakan koreksi, sehingga ada kemungkinan harganya bisa naik dalam jangka panjang.

Untuk saat ini batas bawah ADA berada di sekitar Rp6.000 yang merupakan batas bawah zona potensi beli untuk ADA saat ini. 

Apa bila berhasil naik, kemungkinan besar ADA dapat naik menuju Rp17.500, yang jika ditembus dapat membawa pergerakan apresiasi baru untuk ADA.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.