Cardano Sentuh Harga Tertinggi Baru! Masih Terus Bergerak Naik

Naufal Muhammad

20th August, 2021

Cardano (ADA) baru saja menyentuh harga tertinggi barunya di sekitar $2.55 atau sekitar Rp36.773 pada 20 Agustus 2021.

Walau terlihat telah mencapai harga tertinggi, ADA masih terus bergerak naik bersama dengan banyaknya sentimen positif di sekitarnya.

Cardano Sentuh Harga Tertinggi Baru

Pergerakan apresiasi ini terjadi bersama dengan fenomena adanya pembaruan jaringan dengan penerbitan smart contracts.

Penerbitan fitur smart contracts baru ini akan mempermudah lebih banyak proyek dan token untuk dibangun pada Blockchain Cardano.

Jika investor menyadari, saat ini ekosistem atau jumlah proyek yang dibangun pada Blockchain Cardano masih terlihat sedikit.

Dibandingkan dengan Blockchain lain seperti Ethereum dan Binance Smart Chain, Cardano masih jauh tertinggal dari sisi jumlah proyek dalam ekosistemnya.

Namun dengan adanya kabar smart contracts ini semuanya diprediksi akan berubah dan ekosistem Cardano diprediksi akan naik dalam jumlah.

Prediksi tersebut yang membuat sentimen di sekitar ADA menjadi positif dan nampaknya telah berhasil mendorong harganya naik.

Penerbitan smart contracts ini akan datang bersama dengan peluncuran Hard Fork atau pembaruan jaringan bernama Alonzo Hard Fork.

Sentimen positif tersebut menjadi semakin positif setelah Charles Hoskinson, Pendiri dari Cardano, mengumumkan tanggal resmi penerbitan dan peluncuran Hard Fork.

Melalui Twitter, Hoskinson menyatakan bahwa peluncuran fitur smart contracts akan terjadi pada 12 September 2021.

Pernyataan tersebut dipublikasi secara resmi oleh perusahaannya, IOHK, yang menyatakan bahwa peluncurannya akan terjadi di 12 September 2021.

Peluncuran ini juga akan terjadi bersama resminya Alonzo Hard Fork, yang membuat beberapa perubahan pada Blockchain Cardano.

Kabar ini ditambah positif dengan adanya summit atau konferensi pertemuan developer untuk memperkenalkan jaringan baru Cardano.

Summit ini akan terjadi pada 25 hingga 26 September 2021, yang juga akan membawa semakin banyak developer untuk membangun proyek serta token baru di Blockchain Cardano.

Pergerakan Harga Selanjutnya

Akibat beberapa kabar tersebut, sentimen di sekitar ADA masih terlihat positif, yang juga membuat harganya masih bergerak naik.

Saat ini ADA telah berhasil menyentuh harga tertingginya di sekitar $2.55 atau Rp36.773 dan sedang terkoreksi kecil.

Grafik Harian ADAUSD

Batas pengaman yang kuat berada di sekitar $2.45 atau Rp35.330 hingga $2.3 atau Rp33.168 yang jika terus terjaga, dapat membuat harganya naik lebih tinggi.

Jika melihat dari Fibonacci Extension, target selanjutnya terlihat berada pada titik 161,8% Fibonacci yang berada di harga $3.7 atau Rp53.357 hingga $4 atau Rp57.683.

Namun dalam apresiasi harga ini perlu diingat bahwa masih terdapat potensi buy the rumor sell the news oleh beberapa speculator.

Pergerakan tersebut dapat membuat harga ADA turun dalam jangka pendek setelah adanya peluncuran Hard Fork di 12 September 2021.

Namun dengan adanya Hard Fork, secara jangka panjang ekosistem Cardano dapat terus berkembang.

Dengan berkembangnya ekosistem, penggunaan ADA akan semakin tinggi, sehingga dapat meningkatkan permintaan.

Bersama dengan terbatasnya jumlah ADA dan naiknya permintaan, dalam jangka panjang, kemungkinan besar harganya akan naik secara signifikan.

Saat ini banyak analis yang memprediksi bahwa harga ADA masih sangat murah relatif terhadap teknologinya.

Selain itu saat ini banyak yang menyatakan bahwa harganya dapat terus naik senilai Binance Coin (BNB) atau bahkan Ethereum (ETH).

Namun target tersebut membutuhkan waktu yang lama sehingga ada baiknya investor selalu menggunakan pengelolaan risiko dan tidak FOMO.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.