Cardano Naik Saat Bear Market, Gara-gara Hard Fork?

Naufal Muhammad

3rd June, 2022

Cardano (ADA) terlihat mengalami pergerakan harga positif yang membuat banyak investor terkejut. 

Pergerakan harga ini mengejutkan akibat arahnya yang berlawanan dengan mayoritas aset kripto yang sedang bergerak turun. 

ADA Naik 50% Saat Bear Market

Walau mayoritas aset berisiko sedang bergerak turun, terdapat satu kripto dengan kapitalisasi pasar cukup besar yang berhasil naik signifikan. 

Kripto tersebut adalah ADA yang merupakan koin dari Blockchain Cardano dimana harganya mengalami apresiasi signifikan hanya dalam hitungan hari. 

Cardano Naik Saat Bear Market, Gara-gara Hard Fork?
ADA Naik 50% Lebih dalam 4 Hari

Terlihat bahwa ADA berhasil bergerak naik hingga 50% hanya dalam empat hari saat mayoritas kripto sedang bergerak menyamping bahkan turun. 

Bersama pergerakan ini banyak investor dan trader di Twitter yang mulai merasa yakin bahwa ADA akan pulih. 

Salah satu investor ADA menyatakan bahwa harganya saat ini sedang berada di daerah yang masih relatif murah dan jika harganya pulih, keuntungannya akan sangat tinggi. 

Menurutnya jika saat ini ADA mulai bergerak pulih, bahkan kembali ke harga tertinggi sebelumnya, keuntungan yang akan investor dapatkan adalah sekitar 600%. 

Narasi seperti ini sebelumnya sangat jarang karena sebelum adanya pergerakan apresiasi ini, banyak investor yang sudah menyerah dengan ADA. 

Bahkan Charles Hoskinson, pendiri ADA sendiri menyatakan bahwa saat ini sedang bear market sehingga tidak ada sentimen positif yang bisa mendorong harganya naik. 

Tapi ternyata para investor yang negatif dan Hoskinson sendiri dibuktikan salah setelah ADA naik sekitar 50,7% hanya dalam empat hari. 

Banyak yang menyatakan bahwa apresiasi ini adalah akibat adanya sentimen positif yaitu Hard Fork atau pembaruan jaringan Cardano yang akan datang. 

Hard Fork Blockchain Cardano Segera Tiba 

Tim Cardano membuat publikasi bahwa mereka akan melaksanakan pembaruan jaringan atau Hard Fork pada akhir Juni 2022. 

Cardano Naik Saat Bear Market, Gara-gara Hard Fork?
Tanggal Vasil Hard Fork Menurut Coinmarketcal.com

Hard Fork tersebut adalah pembaruan jaringan dimana akan ada jaringan baru yang lebih efisien dan lebih tinggi kemampuannya dibanding jaringan saat ini. 

Nantinya Hard Fork ini akan bernama Vasil Hard Fork yang diprediksi akan meluncur sebelum 30 Juni 2022. 

Saat ini narasi yang beredar di pasar kripto adalah peluncurannya sudah memiliki tanggal resmi yaitu 29 Juni 2022. 

Tapi kabar tersebut terlihat masih perkiraan dan rumor karena Charles Hoskinson belum memberi publikasi yang resmi. 

Umumnya Hoskinson akan memberikan sebuah kabar positif terkait Cardano secara personal melalui media sosialnya, terutama Twitter. 

Hal ini sering terlihat karena Hoskinson adalah salah satu CEO dan pendiri kripto yang paling aktif dan paling sering bercengkrama dengan para pengikut dan investornya di Twitter. 

Terkait peluncuran ini, implementasi yang akan diterapkan adalah peningkatan kecepatan jaringan. 

Menurut CIP atau Cardano Improvement Proposal 33, akan ada peningkatan kemampuan block dimana akan lebih banyak transaksi yang bisa ditampung dalam satu block. 

Kondisi tersebut dapat membuat blockchain lebih efisien karena lebih banyak transaksi yang divalidasi dalam satu block membuat kecepatan lebih tinggi. 

Selain itu, Hoskinson juga menyatakan bahwa dengan Hard Fork ini, akan banyak aplikasi terdesentralisasi atau DApps yang masuk ke Cardano. 

Masuknya proyek-proyek baru tersebut akan membuat ekosistem Cardano lebih ramai yang membuat ADA semakin tinggi permintaannya karena digunakan sebagai biaya transaksi. 

Banyak investor dan trader yang terlihat mengambil kabar ini sebagai sentimen positif. Sehingga banyak yang memanfaatkan tanggal peluncuran pembaruan tersebut untuk membeli. 

Tapi dengan kondisi ini, ADA dihadapkan dengan potensi pergerakan buy the rumor sell the news dimana harga akan naik menuju sebuah sentimen positif dan kemudian bergerak turun setelah kabar tersebut terjadi. 

Untuk saat ini harga ADA masih terlihat bergerak sideways atau menyamping dengan kemungkinan adanya koreksi kecil. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.