Berita Blockchain · 5 min read

Blockchain dan AI Dikombinasikan untuk Melawan Covid-19

Di tengah-tengah banyaknya kasus Covid-19 yang meluas hingga ke penjuru dunia, para pelaku teknologi nampaknya tidak akan diam begitu saja melihat keadaan dan kondisi saat ini. Sebab, kemudahan dan kecepatan akses menjadi salah satu hal yang bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19.

Hal yang bisa dilakukan adalah mempercepat dan melacak proses produksi obat-obatan di manufaktur farmasi seperti yang dilakukan oleh Mateon Therapeutics, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

Perusahaan kesehatan ini bermitra dengan Meridian IT, yang mengembangkan penggunaan platform blockchain  agar sesuai dengan proses pembuatan obat-obatan sesuai dengan ketentuan Food and Drug Administration (FDA), sebuah badan pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika Serikat.

Yang mana, hal ini bertujuan agar produsen bisa mencapai tingkat Return of Investment (ROI) dengan memangkas biaya tenaga kerja. Namun tetap mempercepat produksi obat-obatan. Ini menjadi salah satu hal yang penting dalam memerangi Covid-19.

Hal ini dirasa penting untuk semakin mempercepat dan meningkatkan produktifitas pembuatan obat-obatan, sebab, saat ini masih banyak produsen obat yang memproduksi obat-obatannya secara manual, yang terkadang proses pembuatannya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh FDA.

Divisi AI Mateon yakni EdgePoint, akan menyediakan mesin teknologi AI untuk platform di Mateon, di mana layaknya toko-toko otomatis tanpa kasir yang sudah dimplementasikan oleh EdgePoint di Amazon Go Store.

Di mana, teknologi yang digunakan di Amazon Go Store, ingin coba digunakan dalam industri manufaktur farmasi untuk produk utama milik Mateon yakni OT-101, yang diuji untuk Covid-19.

Jadi, Meridian IT akan membantu proses produksi obat-obatan di lantai produksi untuk produk farmasi dengan bantuan blockchain agar bisa melacak produk-produknya dengan secara cepat dan akurat dan mengefisiensikan proses kerja namun tetap sesuai dengan ketentuan FDA.

Platform Meridian IT dan Mateon yang dikembangkan sudah memiliki kesepakatan kerja sama oleh perusahaan manufaktur obat-obatan, iBIO Inc, yang berguna untuk menguji dan mengotomasikan prosedur-prosedur proses produksi obat-obatan di perusahaan tersebut. Pihak perusahaan iBIO Inc ingin melihat dan mengetahui terlebih dahulu utilitas atau manfaat dari teknologi blockchain dan AI machine yang dipasang di area lantai produksi mereka.

Hal ingin dilihat oleh iBIO Inc, adalah tingkat ROI dari pemasangan mesin AI, biaya langganan, dan biaya transaksi. Agar mereka benar-benar memiliki gambaran bahwa memang penggunaan mesin AI yang dikembangkan Mateon dan Meridian IT bisa mempercepat proses produksi obat-obatan dengan memangkas biaya tenaga kerja. Sebab, proses kerja sudah diawasi oleh blockchain dan AI machine yang sesuai dengan prosedur-prosedur pembuatan produk farmasi di manufaktur yang berlaku.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.