Berita Blockchain · 7 min read

Terdampak Covid-19, Industri Penerbangan Tetap Gandeng Blockchain

Perusahaan terbesar di industri penerbangan Rusia, S7 Airlines akan mulai menjual tiket pesawat miliknya lewat blockchain yang dikembangkan oleh Sberbank, bagian dari bank raksasa milik Rusia.

Proyek bersama ini memungkinkan agen penjualan tiket pesawat dengan akun di Sberbank melakukan penyelesaian pemesanan atau pembelian tiket melalui smart contract dengan menggunakan token.

Bila menggunakan sistem yang lama, agen penjual tiket harus menggunakan jaminan bank dan uang muka untuk mendaftarkan tiket pesawat, dan proses penyelesaian sendiri masih menggunakan surat, rekonsiliasi dan transfer uang yang bisa memakan waktu 10 hari.

Namun, dengan blockchain yang dikembangkan oleh Sberbank. Proses rumit tersebut akan disederhanakan dan memberikan kecepatan transaksi hingga 20 detik.

Baca juga: Omicron, Si Token COVID-19 yang Naik 700%

Uang yang berasal dari akun perantara yang diberikan token dan ditransfer ke S7 sesuai dengan perintah yang ditentukan dalam smart contract. Token tersebut akan ditautkan kepada akun pelanggan sebenarnya, dan Sberbank bertugas sebagai penjamin kesepakatan.

Pembelian tiket pesawat S7 baru ini akan terapkan pada September 2020 dan menargetkan klien dari korporat karena masih dalam tahap pengembangan. Pengembangan blockchain antara S7 dan Sberbank sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, sebagai perusahaan maskapai terbesar di Rusia, S7 melakukan pembelian platform pertama di dunia untuk penjualan tiket pesawat lewat platform blockchain.

Saat itu bekerja sama dengan Alfa Bank pada 2017. Pada Juli 2019, total transaksi yang telah dilakukan lewat platform blockchain tersebut sudah memproses lebih dari $1 juta pembayaran.

Kemungkinan besar token nanti yang akan digunakan bisa berasal dari stablecoin yang sedang dipertimbangkan untuk diluncurkan oleh Sberbank dipatok 1:1 dengan mata uang Rusia.

Baca juga: Rusia Ubah Pabrik Soviet Menjadi Tambang Bitcoin

Jenis token ini layaknya seperti USDT dan IDRT. Sebab, hingga saat ini Sberbank masih belum mengutarakan jenis token seperti apa yang nantinya akan digunakan.

Di mana, sistem baru pembelian tiket blockchain ini akan menjadi token virtual pertama yang digunakan untuk pembayaran dan settlement di Rusia, dan menghilangkan proses transaksi yang cukup lama hingga 10 hari dalam pembelian tiket di industri penerbangan dengan melibatkan para agen penjualan tiket.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.