Berita Blockchain · 8 min read

Apa yang Terjadi Pada Blockchain Cardano Setelah Hard Fork?

Apa yang Terjadi Pada Blockchain Cardano Setelah Hard Fork?

Charles Hoskinson melakukan siaran langsung di melalui twitter pada 18 September 2022. Di siaran ini Hoskinson membahas soal Vasil Hard Fork yang menjadi salah satu pembaruan terbesar di Blockchain Cardano.

Charles Hoskinson Jelaskan Masa Depan Cardano  

Hoskinson menyatakan proposal untuk pembaruan Vasil Hard Fork telah dieksekusi dan sedang menunggu hasil. 

“Proposal Pembaruan telah dilaksanakan dan kita hanya bisa menunggu apakah akan terbang tinggi (sukses) atau meledak (gagal). Nantinya hasil pembaruan akan terlihat sebagian pada 22 September 2022 dan sebagian pada 27 September 2022” Ujarnya. 

Ia merujuk pada proses pembaruan Vasil Hard Fork dimana saat ini proposal yang akan masuk ke pembaruan tersebut telah dieksekusi melalui Hard Fork Combinator Cardano. 

Hard fork combinator adalah sebuah mekanisme pada blockchain Cardano dimana jika ada beberapa proposal pembaruan yang telah disetujui, Hard fork Cardano akan menggabungkan proposal tersebut untuk kemduain dieksekusi pada blockchain Cardano. 

Baca juga: Vasil Hard Fork Cardano: Pengertian, Perubahan, Dan Keuntungannya

Perlu diketahui bahwa pada 18 September 2022, seluruh proposal telah disetujui oleh seluruh petinggi ekosistem Cardano yaitu Cardano Foundation, Emurgo, dan IOHK. 

Jadi Hoskinson bisa memastikan bahwa pembaruan ini akan diterapkan pada 22 September 2022. Tapi selanjutnya ia menekankan bahwa tidak semua pembaruan yang ada di proposal akan terlihat langsung pada 22 September 2022. 

Ia menyatakan bahwa akan ada beberapa pembaruan yang baru akan terlihat pada 27 September 2022 akibat adanya beberapa perihal teknis. 

Setelah pembaruan ini, salah satu hal utama yang akan terlihat adalah bahasa pemrograman Cardano versi terbaru yaitu Plutus V2. 

Nantinya dengan bahasa pemrograman yang akan berubah, developer dalam ekosistem Cardano harus belajar beberapa hal baru, terutama terkait pencatatan data dan smart contracts. 

Selanjutnya ia juga menyatakan bahwa setelah Vasil Hard Fork akan ada beberapa update baru tapi masih banyak hal yang direncanakan. 

Salah satu pembaruan yang dikatakan dalam sesi tersebut adalah fitur partial delegation untuk para staker dan validator untuk membuat jaringan lebih efisien. 

Vasil Hard Fork Pembaruan Spesial

Untuk saat ini investor dan developer masih menunggu Vasil Hard Fork untuk terjadi karena akan ada pembaruan yang membuat jaringan lebih efisien terutama dalam pencatatan data transaksi di blockchain. 

Hasilnya pembaruan ini diprediksi akan menurunkan biaya transaksi walau sangat kecil serta akan meningkatkan kecepatan jaringan. 

Tapi perlu diketahui bahwa hard fork ini tidak akan membuahkan koin baru karena ini hanya pembaruan mekanisme dalam jaringan blockchain Cardano. 

Walau tidak ada koin baru, hard fork ini adalah salah satu hard fork yang spesial untuk tim Cardano dan Charles Hoskinson itu sendiri. 

Pembaruan ini diberi nama Vasil, nama mentor dalam ekosistem Cardano dan teman baik dari Charles Hoskinson bernama Vasil Dabov. 

Ia baru saja meninggal pada 6 Desember 2021 pada umur 67 dan meninggalkan banyak karya di ekosistem Cardano. 

Baca juga: Kabar Terbaru Cardano Menuju Vasil Hard Fork

Dabov adalah salah satu mentor di ekosistem Cardano karena sering mengajarkan kepada developer dan investor terkait mekanisme jaringan Cardano. 

Oleh karena itu, Charles Hoskinson merasa bahwa pembaruan ini sangat spesial dan memiliki harapan besar semua akan berhasil.  

Hoskinson juga menekankan bahwa jika semua berhasil maka Cardano akan mengalami peningkatan dalam jumlah aplikasi yang dibangun sehingga ekosistemnya menjadi semakin luas. Ia menyatakan, 

“Akan semakin banyak aplikasi yang dibangun di Cardano setelah hard fork ini. Kita akan lihat tiga hingga enam bulan ke depan.”

Jika ekosistemnya semakin luas, maka kemungkinan besar kegunaan ADA akan semakin luas yang dapat meningkatkan volume transaksinya dan berujung pada peningkatan kapitalisasi pasar.  

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.