Berita Altcoins · 6 min read

Kabar Terbaru Cardano Menuju Vasil Hard Fork

Harga Cardano

Pendiri Cardano (ADA), Charles Hoskinson pada 18 September melakukan siaran video langsung melalui akun twitternya. Di momen itu, Hoskinson mengabarkan soal perkembangan vasil hard fork Cardano yang siap diluncurkan pada 22 September 2022.

Pembaruan ini sangat dinantikan sebab telah ditunda beberapa kali karena masalah teknis. Hoskinson pun berharap vasil hard fork akan berlangsung dengan sukses tanpa kendala.

Dalam video twitternya, Hoskinson mengibaratkan vasil hard fork ini seperti roket yang meluncur di udara yang sudah siap untuk diluncurkan apa pun yang terjadi.

Hoskinson juga membagika informasi bahwa Cardano memiliki banyak proyek baru yang akan terjadi tiga sampai enam bulan ke depan, dan bahkan rencana-rencana menarik untuk 2023.

“Cardano adalah salah satu cryptocurrency terkuat di dunia dan terus kami tingkatkan, dengan visi yang hebat. Mengenai itu, komunitas DApp juga terus berkembang. Bahkan, setelah Vasil nanti akan banyak hal-hal baru yang akan  diluncurkan,” jelasnya Hoskinson dalam video penjelasannya di akun Twitternya.

Baca juga: Vasil Hard Fork Cardano, Pengertian, Perubahan, dan Keuntungannya

Peningkatan Cardano

Vasil hard fork tersebut merupakan salah satu peningkatan terpenting bagi Cardano, karena akan memperkenalkan perubahan unsur yang ada di blockchain.  

Pengaruh yang akan dibawa pada Vasil hard fork ini, adalah untuk peningkatan fungsionalitas, kinerja dan skalabilitas.

Pada upgrade nanti akan ada empat Cardano Improvement Proposal (CIP) yang akan diterapkan yakni, CIP-31, CIP-32, CIP-33, dan CIP-40. CIP ini adalah sebuah ide berupa upgrade atau pengembang pada jaringan Cardano. 

Pertama, ada CIP-31 yang memperkenalkan mekanisme input baru yang dapat melihat sumber output dari input saat ini tanpa perlu melakukan spent atau membuat Unspent Transaction Output (UTxO) baru. 

Kedua, CIP-31 akan membuat jaringan lebih ringan digunakan. Ketiga, CIP-33 akan membantu dalam setiap transaksi yang membutuhkan kode script, maka kemungkinan akan menjadi lebih cepat dan lebih murah. Terakhir, CIP-40, menawarkan proteksi Distributed Denial of Service (DDoS) kepada penggunanya.  

Selain itu, fakta menarik dari Vasil hard fork ini diambil dari nama salah anggota komunitas setia Cardano sekaligus matematikawan asal Bulgaria, yang bernama Vasil Stoyanov Dabov. Secara kebetulan juga, hard fork akan diluncurkan pada hari kemerdekaan Bulgaria. 

Harga Koin ADA

Melansir data dari EWN, beberapa penggemar crypto menantikan rally harga ADA yang dipicu oleh vasil hard fork. Harga ADA sangat dinanti-nantikan di sekitar $1, walaupun harapan ini masih spekulasi semata.

Pada saat penulisan, harga ADA diperdagangkan di $0.448361 dan mengalami kenaikan 1.9% selama 24 jam terakhir, berdasarkan data dari Coingecko pukul 13.10 WIB.

Baca juga: Harga Cardano, Tunjukkan Perubahan Menjelang Hard Fork Vasil?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.