Berita Bitcoin · 5 min read

Black Friday Crypto, 300 Juta Dollar Dilikuidasi

Black friday crypto

Market crypto berdarah, Jumat (26/11) banyak aset kripto menghadapi koreksi, termasuk Bitcoin yang gagal mendapatkan harga $60.000,setelah sempat menyentuh angka $59.000 untuk pertama kalinya dalam beberapa hari.

Sore ini Bitcoin terpantau koreksi dan ada kisaran harga $54.000. Dengan turunnya raja aset kripto itu, banyak altcoin yang mengalami koreksi bersama. Data on-chain menunjukkan bahwa lebih dari $300 juta telah dilikuidasi dan $600juta dalam skala harian

Jatuhnya harga aset kripto ini disinyalir karena varian Covid-19 di Afrika yang menjadi perhatian dunia, setelah berita itu disiarkan, dalam beberapa jam Bitcoin pun kehilangan $3.000.

Ethereum, saat ini diperdagangkan di sekitar $4,000, penurunan harian 5%. Demikian pula, Solana, Polkadot, Ripple, Dogecoin, Avalanche, dan CRO juga telah kehilangan sebagian besar nilai antara 9% dan 15% pada candle 24 jam.

Gara-gara Black Friday

Selain berita mutasi Covid-19, penyebab turunnya mayoritas crypto juga disebabkan oleh Black Friday. Ini mengacu pada hari setelah liburan Thanksgiving A.S., yang juga secara tradisional menjadi hari libur bagi banyak karyawan.

Ini biasanya hari yang penuh dengan penawaran belanja khusus dan diskon besar dan dianggap sebagai awal musim belanja liburan.

Karena itu Black Friday menjadi waktu di mana warga A.S khususnya melakukan withdraw aset kripto dan menukarnya ke dollar untuk digunakan berbelanja.

Karena itu tidak mengherankan jika nilai USD justru menguat dan kripto anjlok, sebab sering kali keduanya mengalami korelasi yang berlawanan.

Koreksi parah di akhir November tahun ini bukan hal asing. Sebab, Bitcoin pada November tahun lalu juga mengalaminya, saat itu harga Bitcoin pun turun turun menjadi sekitar $16.400.

BTC/USD 1-day candle from November 2020. Sumber: TradingView

Namun setelah itu harga berangsur membaik dan Bitcoin mengalami tren yang positif di akhir tahun dan 2021 dengan menciptakan harga tertinggi sepanjang masa berkali-kali.  

Momen penurunan ini bisa dijadikan kesempatan untuk membeli crypto yang harganya sedang turun nyaris serempak, namun tetap lakukan riset, analisis, dan manajemen risiko agar kegiatan jual beli tidak menyebabkan kerugian yang tidak bisa ditanggung.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.