Black Friday Crypto, 300 Juta Dollar Dilikuidasi

Anisa Giovanny

26th November, 2021

Market crypto berdarah, Jumat (26/11) banyak aset kripto menghadapi koreksi, termasuk Bitcoin yang gagal mendapatkan harga $60.000,setelah sempat menyentuh angka $59.000 untuk pertama kalinya dalam beberapa hari.

Sore ini Bitcoin terpantau koreksi dan ada kisaran harga $54.000. Dengan turunnya raja aset kripto itu, banyak altcoin yang mengalami koreksi bersama. Data on-chain menunjukkan bahwa lebih dari $300 juta telah dilikuidasi dan $600juta dalam skala harian

Jatuhnya harga aset kripto ini disinyalir karena varian Covid-19 di Afrika yang menjadi perhatian dunia, setelah berita itu disiarkan, dalam beberapa jam Bitcoin pun kehilangan $3.000.

Ethereum, saat ini diperdagangkan di sekitar $4,000, penurunan harian 5%. Demikian pula, Solana, Polkadot, Ripple, Dogecoin, Avalanche, dan CRO juga telah kehilangan sebagian besar nilai antara 9% dan 15% pada candle 24 jam.

Gara-gara Black Friday

Selain berita mutasi Covid-19, penyebab turunnya mayoritas crypto juga disebabkan oleh Black Friday. Ini mengacu pada hari setelah liburan Thanksgiving A.S., yang juga secara tradisional menjadi hari libur bagi banyak karyawan.

Ini biasanya hari yang penuh dengan penawaran belanja khusus dan diskon besar dan dianggap sebagai awal musim belanja liburan.

Karena itu Black Friday menjadi waktu di mana warga A.S khususnya melakukan withdraw aset kripto dan menukarnya ke dollar untuk digunakan berbelanja.

Karena itu tidak mengherankan jika nilai USD justru menguat dan kripto anjlok, sebab sering kali keduanya mengalami korelasi yang berlawanan.

Koreksi parah di akhir November tahun ini bukan hal asing. Sebab, Bitcoin pada November tahun lalu juga mengalaminya, saat itu harga Bitcoin pun turun turun menjadi sekitar $16.400.

BTC/USD 1-day candle from November 2020. Sumber: TradingView

Namun setelah itu harga berangsur membaik dan Bitcoin mengalami tren yang positif di akhir tahun dan 2021 dengan menciptakan harga tertinggi sepanjang masa berkali-kali.  

Momen penurunan ini bisa dijadikan kesempatan untuk membeli crypto yang harganya sedang turun nyaris serempak, namun tetap lakukan riset, analisis, dan manajemen risiko agar kegiatan jual beli tidak menyebabkan kerugian yang tidak bisa ditanggung.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency