Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 6 min read

Harga Bitcoin Tembus US$43 Ribu Jelang FOMC

Bitcoin jelang FOMC

Harga Bitcoin (BTC) mengalami peningkatan hingga menembus level US$43.000. Para pedagang aset kripto tampaknya telah mengantisipasi pertemuan FOMC mengenai suku bunga AS pada hari Kamis (1/2/24) pukul 02.00 WIB mendatang.

Suku Bunga AS Diprediksi Tetap di 5,50%

Berdasarkan data CME Watchtool, suku bunga AS yang akan ditentukan pada pertemuan FOMC 1 Februari 2024 mendatang diprediksi tetap di angka 5,50% dengan peluang 97,9%. Sementara peluang sisanya, 2,1% menyatakan suku bunga akan turun sebesar 25 basis poin.

Gambar: Peluang keputusan suku bunga AS. Sumber: CME Watchtool

Tidak adanya peluang kenaikan per artikel ini ditulis (30/1/24) menunjukkan bahwa para pengamat ekonomi sangat optimis bahwa suku bunga AS telah mencapai puncaknya. Ditambah lagi pada pertemuan FOMC selanjutnya di 21 Maret 2024, terdapat peluang 45,6% bahwa suku bunga akan turun.

Hal ini membawa sentimen positif bagi pasar kripto yang notabene dilabeli sebagai instrumen investasi yang berisiko lebih tinggi. Turunnya suku bunga umumnya akan menaikkan minat investor terhadap investasi yang lebih berisiko dengan potensi imbal hasil yang lebih besar daripada meletakkan modal pada layanan keuangan tradisional dengan bunga yang cenderung lebih rendah.

Baca juga: Harga Bitcoin US$43.000 Usai The FED Pertahankan Suku Bunga

Bitcoin dan Kripto Tunjukkan Penguatan

Bitcoin dan sebagian besar aset kripto lainnya melonjak di awal pekan ini. Per artikel ini ditulis (30/1/24), BTC diperdagangkan di sekitar harga US$43.500, mengalami peningkatan +2,7% dalam 24 jam terakhir dan meningkat +9% dalam sepekan terakhir.

Altcoin juga menunjukkan kenaikan dengan marketcap altcoin (TOTAL2) naik sebesar US$24,8 miliar atau +3,3% dalam 24 jam terakhir. Altcoin top 100 berdasarkan kapitalisasi pasar dengan kenaikan terbaik dalam 24 jam terakhir antara lain: PENDLE +15,42%, SUI +14,28%, ORDI +10,83%, MINA +8,32%, dan BLUR +8,3%.

bitcoin kripto
Gambar: Top 5 altcoin gainer. Sumber: Coinmarketcap

Kenaikan ini kemungkinan karena antisipasi trader kripto terhadap pertemuan FOMC, dengan ekspektasi tidak ada kenaikan suku bunga dan ketua The Fed, Jerome Powell menyuarakan kebijakan dovish pada pidatonya.

Selebihnya, jika Jerome Powell memberi isyarat pemangkasan suku bunga akan terjadi pada pertemuan FOMC di bulan Maret 2024, harga Bitcoin dan aset kripto lainnya berpotensi melanjutkan kenaikan.

Baca juga: Harga Bitcoin Pertahankan Level US$40 Ribu, Koreksi Selesai?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.