Berita Industri · 7 min read

Bitcoin dan Ethereum ETF Hong Kong Diprediksi Tembus US$1 Miliar AUM

ETF Bitcoin spot Hong Kong

Analis ETF Bloomberg memprediksi total dana kelolaan (AUM) ETF Bitcoin dan Ethereum spot Hong Kong mencapai US$1 miliar dalam 2 tahun. Prediksi ini adalah hasil revisi dari sebelumnya mengharapkan aliran masuk sekitar US$500 juta selama periode yang sama.


Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, sebelumnya memperkirakan AUM akan mencapai US$500 juta dalam dua tahun. Angka dalam prediksi ini muncul karena keraguan atas kelayakan investor China dan kurangnya kematangan dalam pasar ETF Hong Kong.

Balchunas telah merevisi prediksi aliran masuk sebelumnya menjadi US$1 miliar dalam dua tahun pertama.

Balchunas menyoroti tantangan yang dihadapi investor China yang mencari paparan terhadap ETF yang baru disetujui di Hong Kong. Ia menekankan bahwa larangan China terhadap aset yang mendasari ETF ini menyusahkan aksesibilitas bagi investor yang tertarik di yurisdiksi tersebut.

Baca juga: Hong Kong Setujui ETF Bitcoin Spot, Harga Kripto Respon Positif

China telah lama menerapkan regulasi ketat pada sektor kripto yang berkembang pesat. Negara tersebut awalnya melarang aset kripto pada tahun 2013 dan memperluas pembatasan tersebut ke penambangan (mining) pada tahun 2021.

Meskipun pembatasan ini merupakan tantangan besar bagi ETF yang terdaftar di Hong Kong, para analis tetap memperkirakan mereka akan menarik minat substansial dan memprediksi bahwa mereka akan mencapai US$1 miliar dalam aset di bawah pengelolaan (AUM) dalam dua tahun pertama.

Balchunas menjelaskan bahwa pencapaian tonggak US$1 miliar ini bergantung pada peningkatan signifikan dalam infrastruktur keuangan dan ekosistem Hong Kong.

Saat ini, ETF Bitcoin di kawasan Asia-Pasifik memiliki AUM sebesar US$250 juta yang tersebar di lima ETF: tiga berbasis di Hong Kong dan dua di Australia. Dana terbesar, CSOP Bitcoin Futures ETF yang terdaftar di Hong Kong, memiliki AUM sebesar US$121 juta.

Baca juga: Arus Masuk ETF Bitcoin Stagnan, Hanya BlackRock yang Dapat Dana

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.