Willy Woo Prediksi Pengguna Bitcoin akan Capai 1 Miliar!

Nabiila Putri Caesari

15th October, 2022

Menurut prediksi analis Willy Woo, Bitcoin (BTC) diperkirakan akan mencapai 1 miliar pengguna dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. 

Prediksi Willy Woo ini didasarkan pada kesamaan perkembangan jaringan pengguna Bitcoin dengan pertumbuhan internet di tahun 1990-an.

Perhitungan Woo adalah ekstrapolasi data dari beberapa angka:

  • Selama enam bulan pertama, jumlah pengguna mencapai 1.000
  • Setelah lima tahun ada 1 juta
  • Saat ini, 13,8 tahun setelah dimulainya, jaringan BTC memiliki lebih dari 300 juta pengguna

Angka terakhir mewakili 4% dari populasi dunia. Menurut Woo, jika laju pertumbuhan ini dipertahankan, jumlah pengguna akan mencapai 1 miliar dalam tiga tahun ke depan. Ini akan mewakili 12% dari populasi global.

Pertumbuhan Bitcoin Mirip dengan Internet

Menurut beberapa analis, BTC telah menyelesaikan periode inovasi (2,5% dari populasi) dan pengadopsi awal (13,5%) dan sekarang memasuki fase mayoritas awal (34%). Dapat dilihat dari grafik kurva adopsi Bitcoin, menggambarkan tahap pengembangan saat ini.

Kurva adopsi BTC.
Kurva adopsi BTC. Sumber: @liquiditary

Berdasarkan kurva tersebut artinya Bitcoin akan berada diambang pertumbuhan eksponensial dan prediksi Willy Woo bahwa 12% dari populasi akan menggunakan BTC dalam tiga tahun bisa menjadi kenyataan.

Kemudian jika dilihat dua grafik dari jumlah total pengguna internet (hijau) dan pengguna crypto (biru) hampir identik. Satu-satunya perbedaan terletak pada tanggal yang berbeda dari penyebaran mereka.

Pertumbuhan Internet dan crypto. Sumber: Twitter @Issherai

Adopsi internet secara luas dimulai pada 1990-an (sumbu X atas), sedangkan adopsi cryptocurrency berlanjut dari 2014 hingga sekarang (sumbu X bawah). Jika tingkat pertumbuhan ini dipertahankan, ada potensi pengguna Bitcoin berjumlah 1 miliar sekitar tahun 2025-2026.

Baca Juga: Kapan Bull Run Kripto Tiba? Ini Prediksi Pakar Industri Kripto Indonesia

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.