Berita Exchange · 5 min read

Binance Smart Chain Kena Hack $600 Juta!

binance smart chain kena hack $600 juta

Peretasan dalam jumlah besar telah terjadi pada jaringan Binance Smart Chain (BSC).

Pendiri Binance, Changpeng Zhao (CZ) mengungkapkan kasus itu pada cuitan Twitternya, ia menuliskan bahwa serangan peretasan terjadi di bridge cross chain dan BSC Token Hub yang ‘dieksploitasi’, Jumat (07/10/22).

BSC Token Hub adalah jembatan jaringan BNB Beacon Chain (BEP2) dan BNB Chain (BEP20 atau BSC). Dengan demikian, eksploitasi tersebut mengakibatkan hilangnya Binance Coin (BNB).

Baca juga: Bridge Blockchain, Petaka atau Solusi? 

Peretasan Binance Smart Chain

Menurut perusahaan keamanan blockchain SlowMist, eksploitasi tersebut membuat peretas mendapatkan sekitar $570 juta aset digital, termasuk Ethereum, Polygon, BNB Chain, Avalanche, Fantom, Arbitrum, dan Optimism.

Sementara asumsi lainnya dari salah satu developer blockchain menyatakan hasil dari peretasan itu telah dibagikan ke berbagai jaringan dengan memanfaatkan setiap brigde yang ada agar proses distribusi menjadi lebih aman.

Perkiraan dana yang dicuri pada saat eksploitasi adalah $100 juta cryptocurrency, kemudian data terakhir sebelum Binance Smart Chain menghentikan sementara operasionalnya, peretas telah berhasil memindahkan 2 juta BNB atau sekitar $600 juta melalui cross chain.

CZ Pastikan Dana Pengguna Aman

CZ menyatakan bahwa pihaknya akan memastikan dana aman dan memberikan info pembaruan lebih lanjut.

BNB Chain juga berterima kasih kepada seluruh pihak organisasi seperti  CertiK, Ankr, dan Coinbase Cloud yang telah berperan penting dalam membantu membekukan transfer apa pun di jaringan BSC.

Untuk saat ini Binance akan meghentikan sementara penyetoran dan penarikan melalui BNB Smart Chain karena kekhawatiran peretasan masih akan berlanjut di bridge cross chain.

Sementara itu, harga BNB turun karena pasar bereaksi terhadap berita Binance Smart Chain. BNB diperdagangkan senilai $285.14 pukul 10.36 WIB yang mengalami penurunan 3,86% selama 24 jam terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap. 

Grafik BNB selama 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Baca Juga :Binance Promosikan Crypto Melalui Pariwisata

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.