Bela Julian Assange, NFT Clock Terjual 761 Miliar Rupiah

Anisa Giovanny

22nd February, 2022

AssangeDAO, organisasi otonom terdesentralisasi yang memperjuangkan kebebasan Julian Assange, pendiri Wikileaks telah memenangkan tawaran untuk membeli NFT seharga 16.593 ether atau sekitar $53 juta setara dengan 761 Miliar Rupiah.

Baca juga: Apa Itu DAO (Decentralized Autonomous Organization)?

Penjualan ini membuat NFT Julian Assange masuk ke jajaran NFT termahal di dunia.

Hasil dari penjualan NFT, yang dirancang oleh pendiri WikiLeaks bekerja sama dengan seniman digital terkemuka bernama Pak, akan digunakan untuk dana pembelaan hukum Assange.

Token, yang dijuluki “Clock,” adalah penghitung waktu yang menghitung jumlah hari yang dihabiskan Assange di penjara. NFT berasal dari koleksi Pak yang disebut Censored.

Tweet dari AssangeDao

Jumlah menakjubkan yang dihasilkan oleh lebih dari 10.000 kontributor mencapai 17.422 eter (sekitar $56 juta) hanya dalam hitungan hari.

Di antara mereka yang berkontribusi ada pendiri ethereum Vitalik Buterin yang memberikan 10 ether, menurut tweet-nya.

AssangeDAO menawarkan tawaran maksimum pada Selasa waktu setempat, didukung oleh saudara Assange, Gabriel Shipton.

“Kami percaya bahwa ini adalah hasil terbaik bagi AssangeDAO untuk membantu pembebasan Julian Assange,” katanya dalam pernyataannya.

Token DAO Justice Ada di MEXC 

Karena DAO memenangkan tender, kontributornya akan diberikan token tata kelola DAO yang disebut JUSTICE dalam jumlah yang sebanding dengan kontribusi mereka.

Saat ini, satu token diperdagangkan di sekitar $0,002795 berdasarkan data CoinMarketCap, diperdagangkan 12% lebih rendah pada 15:52. ET. 

Token Justice dapat dibeli di Uniswap, Sushiswap dan bursa terpusat MEXC

Koleksi Censored  juga mencakup edisi terbuka, yang mengundang pembeli untuk mencetak NFT berisi pesan yang disensor dan pengguna bebas membayar berapa pun.

Semua hasil pembayaran akan disumbangkan ke berbagai badan amal termasuk hak asasi manusia dan kebebasan informasi. 

Menurut Pak, berdasarkan OpenSea lebih dari 30.000 pesan tokenized telah dibuat sejauh ini. Pak mencetak yang pertama untuk 100 ETH. Ketika Assange bebas maka sensor pesan akan dibuka.  

DAO profil tinggi lainnya adalah ConstitutionDAO, yang mengumpulkan lebih dari $40 juta dalam rentang beberapa hari untuk membeli salinan langka Konstitusi AS.

Sayangnya, organisasi memilih untuk menutup dan memberikan pengembalian uang berupa ETH atau token People kepada kontributornya, setelah kalah dalam tawaran kepada miliarder Ken Griffin. 

Pada bulan Desember, token mencapai rekor tertinggi sepanjang masa di sekitar $0,18, dengan peningkatan lebih dari 400% dibandingkan dengan harga awal dalam seminggu. Sekarang token bernilai $300 juta bahkan setelah dibubarkan.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency