Siaran Pers · 7 min read

3 Kondisi Ini Buat Bear Market Makin Parah

Friktion bear market

Market crypto yang tengah masuk ke fase penurunan atau bear market dan kini diperparah dengan kasus Celcius, ketakutan Inflasi, depeg USDD, dan lainnya.

Sebelumnya Celsius, platform pinjaman crypto terpusat yang berbasis di AS dengan lebih dari 3,8 miliar aset di seluruh Defi, mengumumkan penghentian semua penarikan pada Minggu malam karena kebangkrutan aset tidak likuid. Setelah pengumuman ini token CEL pun turun 70%. 

Baca juga: Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar

Keputusan ini diambil Celcius sebagai reaksi terhadap volatilitas di ruang kripto, hal ini pun membuat pengguna layanan ini cemas. Sebab mereka tidak bisa menarik uangnya, diketahui 

Celsius memiliki 1,7 juta investor dengan deposito sekitar $8 miliar. Belum ada jadwal kapan proses penarikan dibuka kembali. 

Celcius juga diduga melikuidasi posisi ETH (stETH) mereka yang distake. Celsius terjual lebih dari 288 ribu dalam stETH (kira-kira $400 juta USD) di stableswap AMM selama seminggu terakhir, sangat menggeser patokan 1:1 menjadi 95 sen dolar.

Selain crypto pasar saham juga alami penurunan tajam, setelah kekhawatiran inflasi yang terus meningkat dengan indeks utama turun -5% pekan ini.

Hal ini pun bisa memicu The Fed untuk menaikan suku bunga lebih agresif, dengan kenaikan suku bunga artinya harga crypto bisa jatuh lebih dalam lagi. 

Soalnya ketika suku bunga naik, inflasi akan ditekan, kemudian nilai dollar naik dan harga aset berisiko seperti crypto akan turun.

Peluang kenaikan suku bunga 75 bp pada FOMC hari Rabu ini meningkat dari peluang 4% pada hari Kamis menjadi peluang 40% di hari Minggu. 

Seolah tak cukup dengan suku bunga yang kemungkinan naik kembali, stablecoin algoritma USDD yang bekerja di jaringan TRON pun mengalami de-peg, di mana nilanya turun dari $1.

Kasus ini membuat kondisi market makin negatif, dan memicu kekhawatiran lebih lanjut karena mengingatkan dengan kasus LUNA UST yang membuat market sangat terguncang. 

Walau saat ini turun TRON DAO menyatakan mereka akan terus membeli dan menambah dana cadangan untuk memastikan USDD kembali stabil.

Untuk saat ini Tron DAO masih terus aktif menjaga nilai USDD dengan melakukan pembelian USDC hingga mencapai $2,5 miliar. 

Trader Perlu Atur Strategi Lagi di Bear Market

Dengan kondisi market saat ini, para investor dan trader pun harus mengatur ulang strategi jika ingin menghasilkan keuntungan di kondisi bear market dengan volatilitas yang tinggi. 

Menemukan proyek atau layanan yang bisa bekerja dengan baik di kondisi market apa pun bisa jadi jawabannya. Salah satu proyek yang menyediakan layanan tersebut dalah Volt dari Friktion. 

Baca juga: Mengenal Friktion, Portofolio Manager Aset Crypto

Performa volt pun terbilang cukup aman meski minggu ini adalah hari-hari yang berat untuk crypto. Covered call dijual dengan agresif dan telah berhasil dengan baik di kondisi bear market. 

Performa dari Volts.
Performa dari Volts.

Kemudian, crab strategy terlihat tidak menguntungkan namun dalam rentang keuntungan yang luas ada kemungkinan strategi ini menghasilkan profit minggu ini, Volt 04 basis pun telah diuntungkan minggu ini dari tingkat pendanaan yang rendah.

Setiap strategi/volt berkinerja baik dalam kondisi pasar yang berbeda, oleh karena itu kami menyarankan investor dan pedagang untuk melakukan penelitian lebih lanjut. 

Meski mengaku bisa untung di segala kondisi pasar, investor dan trader diharuskan melakukan riset lebih lanjut jika ingin menggunakan layanan ini untuk mengetahui risiko dan keuntungannya. Tetap berhati-hati saat berinvestasi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.