Berita Industri · 5 min read

Bappebti Targetkan Bursa Kripto Indonesia Rampung 2023

Bappebti bursa kripto Indonesia

Target pembangunan bursa kripto Indonesia kembali meleset. Sebelumnya, bursa kripto Indonesia ditargetkan resmi dibentuk pada akhir tahun 2021. Namun, sampai penghujung tahun 2022 bursa kripto tak kunjung dibentuk. Kini bursa kripto Indonesia direncanakan akan rampung pada 2023.

Memahami Bursa Kripto Indonesia

EKosistem perdagangan aset kripto Indonesia. Sumber: Bappebti.

Sekadar informasi, bursa kripto Indonesia merupakan bagian dari ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia, yang terdiri dari pedagang fisik aset kripto, bursa, kliring, dan kustodian.

Bursa kripto Indonesia nantinya juga tidak akan dikuasai dan dimiliki oleh pemerintah, bursa kripto Indonesia ini akan melibatkan calon pedagang fisik aset kripto di Indonesia yang sebelumnya telah terdaftar di Bappebti. Bursa kripto di Indonesia ini akan mirip dengan Bursa Efek Indonesia.

Salah satu kandidat kuat untuk menjadi bursa kripto di Indonesia adalah Digital Futures Exchanges, yang diinisiasi oleh Pintu, Indodax, UpBit, Zipmex, yang disebut sebagai calon pedagang fisik aset kripto.

“ DFX menjadi bursa kripto yang pertama mendaftar dan sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta sesuai dengan Perba No 13 2022, jadi kita sekarang hanya menunggu tanggapan dari Bappebti,” kata Oham Dunggio, President Director DFX. 

Kendala Peluncuran Bursa Kripto Indonesia

Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan pihaknya kesulitan mencari benchmark negara yang memiliki bursa kripto dan sesuai dengan iklim di Indonesia. Indonesia akan menjadi negara pertama yang memiliki bursa kripto jika diluncurkan tahun ini.

“Hasilnya, saat ini hanya ada perdagangan fisik dan pelanggan saja. Ketika terjadi masalah pada keduanya, menjadi tanggung jawab Bappebti, sehingga risiko itu tidak bisa dibagi dengan yang lainnya. Padahal jika bursa, kliring dan kustodian sudah dibangun, akan membagi risiko tersebut,” ungkap Didid ungkap acara virtual outlook Bappebti 2023, Rabu (4/1/2023), dikutip dari Berita Satu.

Baca juga: Mengenal Bappebti dan Fungsinya di Indonesia

Bursa Kripto Ditargetkan Meluncur 2023

Didid mengupayakan timnya untuk merampungkan target diluncurkannya bursa kripto pada tahun 2023. Ke depannya, Bappebti akan menetapkan pengawasan dan pengaturan yang tegas pada mekanisme perdagangan, kelembagaan, serta produk yang saling beririsan antar kelembagaan.

Bappebti telah meminta kepada masing-masing Bursa Berjangka untuk menetapkan komoditi andalan yang akan dijadikan sebagai referensi harga.

Pada tahun 2023, Bappebti juga akan fokus pada mitigasi risiko, penyempurnaan pada peraturan sistem perdagangan alternatif, dan menyusun mekanisme pengawasan dengan membuat rating.

Upaya memperkuat edukasi juga dilakukan bekerja sama dengan influencer. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik emas digital, aset kripto dan timah kepada masyarakat.

Baca juga: DPR Sahkan UU P2SK, Kini Kripto Resmi Diawasi OJK!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.