Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bank Sentral Jerman: Pemerintah Harus Netral Terhadap Libra FB

Aulia Medina     Wednesday, July 24 2019

Menurut bank sentral Jerman potensi manfaat Libra Facebook harus dimungkinkan meskipun ada ketidakpastian regulasi dan risiko terkait.

Dalam buletin bulanan yang disebut “token Crypto dalam transaksi pembayaran dan dalam penyelesaian sekuritas” yang dirilis pada 22 Juli, Bundesbank mengevaluasi potensi keuntungan dan kekurangan mata uang digital bank sentral (CBDCs), serta stablecoin seperti proyek kripto yang dibahas secara luas di Facebook, Libra

Bundesbank: Peraturan Libra harus bersifat netral teknologi

Dalam dokumen itu, bank sentral Jerman menyatakan bahwa proyek-proyek inovatif global seperti Libra tidak boleh dibuat mustahil karena mereka bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan biaya transaksi.

Namun, regulator global harus memastikan bahwa sejumlah standar penting seperti keamanan, stabilitas moneter dan keuangan tidak terpengaruh secara negatif, dan transaksi pembayaran tidak terganggu, tulis bank. Bundesbank menekankan bahwa persaingan dalam pembayaran Eropa harus dipastikan tetap.

Pada saat yang sama, peraturan tersebut tidak boleh menghambat inovasi, bank menekankan:

Baca juga: Token OKB Meningkat 25% Mencapai Harga Tertinggi Tahunan yang Baru

“Pemerintah harus se netral teknologi mungkin, sehingga manfaat dari inovasi dapat dibuat tersedia untuk sektor keuangan.”

Bank menambahkan bahwa sejumlah pertanyaan teknis, organisasi, dan peraturan penting mengenai Libra Association masih terbuka, sementara ada juga beberapa pertimbangan spekulatif untuk dampak potensial. Karena itu, bank menyatakan bahwa otoritas pengawas global dan bank sentral harus terus memantau dan mengevaluasi proyek dengan cermat.

CBDC dan stablecoin dapat berdampak pada bank sentral

Dalam dokumen tersebut, Bundesbank menganggap CBDC dan stablecoin sebagai dua perkembangan besar yang dapat mempengaruhi peran bank sentral global.

Menjabarkan potensi keuntungan umum yang disajikan oleh CBDC, Bundesbank mengatakan bahwa mereka merasa tidak memerlukan CBDC untuk entitas non-perbankan, karena CBDC dapat digunakan oleh mereka sebagai pengganti uang bank komersial, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada pasokan kredit .

Pernyataan terkait crypto baru oleh Bundesbank tentang Presiden Bundesbank yang mendesak regulator global untuk tidak menekan proyek-proyek seperti Libra Facebook di masa pertumbuhan mereka. Jens Weidmann dilaporkan menyatakan pada acara G7 bahwa regulator harus berhati-hati untuk menghindari penekanan terhadap konsep-konsep inovatif sebelum semua detailnya diklarifikasi.

Sumber