Berita Bitcoin · 7 min read

Bank Sentral Cina Selesaikan Desain Mata Uang Digital

People Bank of China (PBOC) atau bank sentral di negara tersebut telah menyelesaikan desain mata uang digital tingkat atas. Menurut laporan dari situs berita Cina, JRJ.com.

PBOC sudah mengumumkan dalam sebuah makalah yang baru dirilis, jika desain tingkat atas, formulasi standar, penelitian fungsional dan pengembangan telah selesai.

“ Langkah selanjutnya dari pengembangan mata uang digital ini akan mengikuti prinsip stabilitas, keamanan dan kontrol, “ ujar Mu Changchun, kepala lembaga penelitian mata uang digital PBBoc, menurut laporan lokal dari Blockchain Cina.

Berita tersebut menjadi kabar terbaru dari PBoC mengenai yuan digitalnya. Pekan lalu bank sentral tersebut jika mata uang digital berjalan dengan kemajuan yang lancar.

Tanggal Peluncuran Mata Uang Digital Belum Dipastikan

Meski sudah menyelesaikan desain mata uang digital legal, Tiongkok belum menentukan tanggal pasti kapan itu akan diluncurkan.

“ Kami akan terus memajukan perkembangan mata uang digital, “ ujar bank sentral pekan lalu.

Mata uang digital Cina sejatinya sudah beroperasi sejak 2014. Yuan digital ini sangat dinanti-nantikan dan akan didistribusikan pertama kali ke bank-bank komersial dan kemudian para pengguna dan sektor bisnis dapat mendapatkan dompet digital dengan bank-bank komersial yang menerima mata uang digital.

Meski belum merata, sudah ada kota-kota yang dijadikan lokasi percontohan untuk uji coba mata uang digital ini. Kota tersebut adalah Shenzhen dan Suzhoun.

PBOC dikatakan sudah bermitra dengan tujuh bank komersial dan telekomunikasi milik negara. Beberapa yang sudah bekerja sama antara lain adalah Bank of China, China Construction Bank and the Agricultural Bank of China, China Telecom, China Mobile dan China Unicom.

Baca juga Cina Uji Coba Pembayaran Mata Uang Digital di Dua Kota

Cina Sudah Buat UU Kriptografi

Pada bulan Oktober, Kongres Tiongkok sudah mengeluarkan undang-undang kriptografi untuk mempromoasikan pengembangan kripto dan memastikan langkah-langkah keamanan siber mata uang kripto. Tujuan dari undang-undang ini adalah untuk mengatur penggunaan kriptografi, dan meningkatkan bisnis di industri.

Hukum tersebut akan mendorong negara untuk mendukung penelitian dan penerapan sains serta teknologi dalam kriptografi hingga melindungi hak kekayaan intelektual dalam kriptografi. Peraturan tersebut juga menyatakan bahwa kriptografi akan diatur dalam tiga bagian: kripto komersial, inti dan umum.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.