Berita Regulasi · 7 min read

Bank Sentral Amerika Mulai Dukung Crypto, Tapi Ada Satu Syarat

Jerome Powell, Kepala Bank Sentral Amerika, mulai mengakui keberadaan mata uang digital terutama crypto yang mendisrupsi pasar keuangan.

Pandangan dari Powell selalu mencerminkan pandangan dari Bank Sentral Amerika, yang nampaknya mulai terdapat dukungan terhadap crypto, walau terdapat satu syarat.

Bank Sentral Amerika Mempertimbangkan Crypto

Kepala The Fed ini menyatakan bahwa di Tahun 2021 ini, bank sentral akan mulai mempertimbangkan adopsi mata uang digital.

Untuk tahun ini, rencana utama adalah membentuk sebuah diskusi bersama dengan masyarakat publik dan para regulator terkait Dolar Amerika digital.

Baca juga: AS Kehabisan Koin, Bawa Dolar Digital Semakin Dekat?

Dalam diskusi dengan Komite Jasa Keuangan, Powell menanggapi kritik mengenai Dolar Amerika digital yang dianggap memiliki beberapa masalah keamanan.

Ia menyatakan bahwa permasalahan tersebut akan dikaji lebih dalam terutama dengan adanya diskusi dengan publik. Ia menyatakan,

“Tahun ini kita akan semakin aktif dalam diskusi dengan publik termasuk beberapa acara publik yang akan digelar. Saat ini kita sedang membuka diskusi juga dengan beberapa bank sentral di seluruh dunia agar mempermudah operasional.”

Ia juga merasa saat ini The Fed masih mempertimbangkan kondisi pasar dan perekonomian saat ini ketika membentuk Dolar Amerika digital.

Ada Satu Syarat Utama

Jerome Powell hingga saat ini masih terlihat terbuka terhadap ide mata uang digital akibat fenomena mata uang crypto yang masih besar hingga saat ini.

Tapi, ada satu syarat utama yang penting menurut Jerome Powell yaitu persetujuan dari para regulator. Ia menyatakan,

“Kita masih memerlukan izin dari pihak legislatif untuk hal tersebut. Untuk saat ini masih belum ada kepastian terkait adopsi ini.”

Pernyataan tersebut adalah kelanjutan dari pengakuannya terhadap mata uang crypto pada pidatonya dua hari yang lalu.

Untungnya, saat ini muncul beberapa pelatihan untuk mengedukasi para regulator dan juga pemegang jabatan penting di pemerintahan terkait crypto.

Baca juga: Senat Amerika Luncurkan Konferensi Inovasi Keuangan, Mengedukasi Crypto ke Pemerintah

Saat ini ia masih mempertimbangkan dan memimpin The Fed untuk mempertimbangkan lebih dalam lagi mengenai Dolar Amerika digital ini.

Namun menurutnya hingga saat ini, jika tercipta stablecoin resmi dari pemerintah, transmisi kebijakan moneter saat ini tidak akan berubah.

Hingga saat ini Powell masih memiliki pandangan positif terhadap mata uang crypto dan berharap bahwa bank sentral dapat membentuknya secara mandiri.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.